SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MEJALANKAN
PERDAGANGAN ELEKTRONIK
(E-Commerce)
(E-Commerce)
D
I
S
U
S
U
N
OLEH:
FRENGKY SITOMPUL 7113142016
JUNIARTI MANALU 7113142028
MARTINA PURBA 7113142033
MASTIKA SINAGA 7113142034
RANIDA SINAGA 7113142045
JURUSAN PENDIDIKAN AKUNTANSI
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
2014
KATA PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan hidayahnyaa sehingga tugas penulisan makalah mini untuk memenuhi
tugas Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen ini dapat terselesaikan tepat
pada waktunya.
Penulisan
makalah Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen
ini tak lain dan tak bukan untuk memenuhi tugas Mata Kuliah yang
bersangkutan, selain untuk mempertegas bahwa di era ini pembelajaran dipusatkan
pada mahasiswa (student central learning).
Ucapan terima kasih tak lupa kami
sampaikan kepada pihak-pihak yang memberikan dorongan dan motivasi kepada penulis sehingga makalah mini ini
dapat terselesaikan.
Penulis menyadari banyak kesalahan
yang terjadi disana sini sehingga penulis berharap para pembaca dapat
memberikan kritik dan sarannya untuk perbaikan dimasa-masa yang akan datang.
Medan, Maret 2014
Penulis
DAFTAR ISI
Hal
Kata Pengantar................................................................... i
Daftar Isi............................................................................. ii
BAB I
PENDAHULUAN.............................................................. 1
BAB II
PEMBAHASAN................................................................. 2
A. Perdagangan Elektronik (e –
commerce)................. 2
B. E-Commerce di Luar Batas
Perusahaan.................. 3
C. Manfaat-manfaat yang Diharapkan
dari E-Commerce 3
D. Kendala-kendala E-Commerce................................ 3
E. Intelegensi Bisnis (BUSINESS INTELLIGENCE)… 4
F. F.Strategi E-Commerce Dan Sistem Interorganisasional 4
G. Sistem Interorganisasional...................................... 5
H. Strategi B2C Untuk
E-Commerce.......................... 8
I. Langkah
E-Commerce Berikutnya.......................... 10
J. Menggunakan
Internet.......................................... 11
K. Cyberspace
Dan Superhighway Informasi............... 13
L. Aplikasi Bisnis
Internet........................................ 14
M. Saran-Saran
Keberhasilan Penggunaan Internet..... 15
N. Dampak
Internet Pada Bisnis dimasa Mendatang... 15
BAB III
KESIMPULAN.................................................................... 16
Daftar
Pustaka.................................................................... . 17
BAB I
PENDAHULUAN
Perdagangan
sebenarnya merupakan kegiatan yang dilakukan manusia sejak awal peradabannya.
Sejalan dengan perkembangan manusia, cara dan sarana yang digunakan untuk
berdagang senantiasa berubah. Bentuk perdagangan terbaru yang kian memudahkan
penggunanya kini ialah e-commerce.
Electronic Commerce
(Perniagaan Elektronik), sebagai bagian dari Electronic Business (bisnis yang
dilakukan dengan menggunakan electronic transmission). Secara umum e-commerce
dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan
barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media
elektronik. E-commerce dapat diklasifasikan menjadi dua jenis yaitu; Business to
Business (B2B) dan Business to Consumer (B2C). Business to Business (B2B)
adalah sistem komunikasi bisnis on-line antar pelaku bisnis, sedangkan Business
to Consumer (B2C) merupakan mekanisme toko on-line (electronic shopping mall),
yaitu transaksi antara e-merchant dengan e-customer. Dalam Business to Business pada umumnya transaksi
dilakukan oleh para trading partners yang sudah saling kenal dengan format data
yang telah disepakati bersama. Sedangkan dalam Business to Customer sifatnya
terbuka untuk publik, sehingga setiap individu dapat mengaksesnya melalui suatu
web server.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Perdagangan Elektronik (e – commerce)
Secara umum
e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan / perniagaan
barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media
elektronik. Di lain pendapat e-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang
menyangkut konsumen (consumers), manufaktur (manufactures), service providers
dan pedagang perantara (intermediaries) dengan menggunakan jaringan-jaringan
komputer (komputer networks) yaitu internet.
E-dagang atau e-commerce
merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak
hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis,
pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan, dll. Selain
teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basis data
atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan
bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman
barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
E-commerce pertama kali
diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai
untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website).
B. E-Commerce di Luar
Batas Perusahaan
E-commerce dapat
diklasifasikan menjadi dua jenis yaitu :
1.
Business to Business
(B2B)
Business to Business
(B2B) adalah sistem komunikasi bisnis on-line antar pelaku bisnis. Dalam
Business to Business pada umumnya transaksi dilakukan oleh para trading
partners yang sudah saling kenal dengan format data yang telah disepakati
bersama. Transaksi B2B melibatkan jumlah orang yang relatif sedikit, biasanya
mereka yang berada di dalam kelompok layanan informasi dari perusahaan yang
terpengaruh.
2.
Business to Consumer
(B2C)
Business to Consumer
(B2C) merupakan mekanisme toko on-line (electronic shopping mall), yaitu
transaksi antara e-merchant dengan e-customer. Business to Customer sifatnya
terbuka untuk publik, sehingga setiap individu dapat mengaksesnya melalui suatu
web server. Konsumen mungkin tidak memiliki keahlian dalam bidang teknologi
informasi, sehingga situs Web harus memberikan instruksi dan bantuan.
C. Manfaat-manfaat yang Diharapkan dari E-Commerce
Perusahaan melaksanakan e-commerce untuk dapat mencapai perbaikan
organisasi secara keseluruhan. Perbaikan-perbaikan ini diharapkan merupakan
hasil dari tiga manfaat utama.
·
Perbaikan layanan
pelanggan sebelum, selama dan setelah penjualan
·
Perbaikan hubungan
dengan pemasok dan komunikasi keuangan
·
Peningkatan imbal
balik ekonomi atas pemegang saham dan investasi pemilik
Manfaat-manfaat
diatas akan memberikan kontribusi pada stabilitas keuangan perusahaan dan
memungkinkannya bersaing dengan lebih baik di dalam dunia bisnis yang semakin
luas menerapkan teknologi komputer.
Selain
itu ada beberapa keuntungan yang didapat dari e-commerce yaitu :
·
Bagi
Konsumen : harga lebih murah, belanja
cukup pada satu tempat.
·
Bagi
Pengelola bisnis : efisiensi, tanpa
kesalahan, tepat waktu
·
Bagi
Manajemen : peningkatan pendapatan,
loyalitas pelanggan.
D. Kendala-kendala E-Commerce
Adapun beberapa kendala pada e-commerce sebagai berikut :
1. Keterbatasan Teknis e-commerce :
- Ada kekurangan sistem keamanan, kehandalan, standar, dan beberapa protokol komunikasi
- Alat pengembangan perangkat lunak masih dalam tahap perkembangan dan sedang berubah dengan cepat
- Sulit menyatukan perangkat lunak Internet dan EC dengan aplikasi dan database yang ada sekarang ini .
- Vendor-vendor kemungkinan perlu server web yang khusus serta infrastruktur lainnya, selain server jaringan
- Beberapa perangkat lunak EC mungkin tidak akan cocok bagi hardware tertentu, atau tidak bisa dipasang bersama dengan beberapa sistem pengoperasian atau komponen-komponen lain.
2. Keterbatasan Non Teknis e-commerce :
- Biaya dan justifikasi. (34.8 % dari responden). Biaya pengembangan EC dalam rumah bisa sangat tinggi, dan kekeliruan yang disebabkan oleh kurangnya pengalaman bisa mengakibatkan adanya delay (penangguhan).
- Sekuritas dan privasi. ( 17 ,2 %). Kedua isu ini penting, khususnya di wilayah B2C, lebih khusus lagi isu sekuriti yang dipandang serius dibanding yang sebenarnya bila diterapkan inskripsi yang tepat. Ukuran-ukuran privasi secara konstan bisa diperbaiki. Tetapi, pelanggan memandang issu ini sebagai persoalan sangat penting, dan industri EC memiliki tugas jangka panjang dan berat untuk meyakinkan pelanggan bahwa transaksi online dan privasinya, sesungguhnya sangat aman.
- Sedikit kepercayaan dan resistensi pemakai (4,4 %). Pelanggan tidak mempercayai penjual tanpa wajah yang tidak mereka kenal (kadang-kadang mereka tidak percaya bahkan meskipun sudah mengenalnya), transaksi tanpa kertas, dan uang elektronis. Karena itu pergeseran dari toko fisikal ke toko virtual kemungkinan menghadapi kesulitan tersendiri .
E.
Intelegensi Bisnis (Business Intelligence)
Intelligenci-BI adalah
aktivitas pengumpulan informasi mengenai unsur-unsur di dalam lingkungan yang
berinteraksi dengan perusahaan. Melaksanakan e-commerce bukanlah suatu
keputusan yang diambil tanpa pertama-tama meraih pengetahuan terlebih dahulu
tentang perusahaan dan hubungannya dengan para pelanggan, pesaing, pemasok, dan
pihak-pihak eksternal lainnya.
F.
Strategi E-Commerce Dan Sistem Interorganisasional
Masalah dalam menentukan strategi e-commerce yang terbaik memiliki
beberapa kemungkinan solusi. Namun, strategi yang paling sering digunakan
disebut-sebut adalah strategi dimana unsur-unsur yang ada dikaitkan dengan
transmisidata elektronik. Nama yang diberikan untuk strategi ini adalah sistem
interorganisasional (interorganizational
system-IOS). Istilah yang sering kali dipergunakan untuk IOS adalah EDI.
Yang merupakan singkatan dari electronic
data interchange (pertukaran data elektronik). Kedua istilah diatas
sering kali saling bertukar penggunaan.
Tetapi jika ditari satu garis perbedaan. EDI dianggap sebagai subkumpulan dari
suatu sistem interorganisasional.
Pertukaran data elektronik adalah salah satu cara untuk
mendapatkan suatu sistem interorganisasional. Eksternet, yang serupa dengan
internet tetapi terbatas hanya untuk mitra-mitra bisnis yang terpilih dan
terpercaya, di beberapa organisasi mulai menggantikan EDI.
G. Sistem Interorganisasional
Kita telah mengetahui bagaimana perusahaan dapat membuat hubungan
elektronik dengan perusahaan lain untuk menciptakan suatu sistem
interorganisasional (IOS) sehingga semua perusahaan bekerja bersama sebagai
suatu uni yang terkoordinasi, meraih manfaat yang tidak dapat diraih sendiri
oleh setiap perusahaan. Perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi disebut sekutu dagang, sekutu bisnis, atau aliansi bisnis.
E-commerce merupakan suatu hal yang fundamental bagi sistem
interorganisasional. Pertukaran sejumlah besar data secara cepat dan aman
merupakan hal yang kritis untuk mendukung transaksi-transaksi organisasi yang
menggunakan teknologi informasi untuk bersaing. Tanpa jaringan computer dan
kemampuan pemrosesan computer, organisasi akan menjadi sebuah suatu produksi
maya, dengan sedikit kemampuan yang dipergunakan untuk jasa dan produk yang
menciptakan vitalitasnya. E-commerce dan EDI adalah jalan bebas hambatan bagi
sistem interorganisasional.
1.Manfaat IOS
Sekutu dangang dapat memasuki suatu kerja sama IOS dengan harapan
akan dapat merealisasikan dua manfaat penting yaitu, efesiensi komparatif dan
kekuatan penawaran.
1.
Efesiensi
Komparatif
Dengan bergabung dalam IOS, para sekutu dagang dapat memproduksi
barang dan jasa dengan tingkat efesiensi yang lebih tinggi dan, selanjutnya,
memberikan barang dan jasa dengan biaya yang lebih rendah kepada para
pelanggannya. Hal ini memberikan para sekutu di dalam IOS keunggulan harga di
atas para pesaingnya.
2.
Kekuatan
penawaran
Kemampuan sebuah perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan
dengan para pemasok dan pelanggannya demi keuntungan perusahaan itu sendiri
disebut kekuatan penawaran (bargaining
power). Kekuatan ini diambil dari tiga area dasar, dengan menawarkan
fitur-fitur produk yang unik, dengan mengurangi biaya-biaya yang berhubungan
dengan penelitian,serta dengan meningkatkan biaya perpindahan.
Penambahan persediaan oleh vendor adalah suatu jenis IOS khusus di
mana pelanggan memberikan cukup kepercayaan bagi pemasok untuk mengizinkannya
mengakses sistem persediaan berbasis computer yang dimilikinya. Pemasok dapat
memulai proses penambahan dengan secara elektronik momonitor tingkat persediaan
perusahaan hal perlindungan, perusahaan dapat
membuat salinan dari bagian-bagian basis data yang tidak begitu
sensitive dan memberikan pemasok akses hanya untuk salinan tersebut saja,
bukannya keseluruhan sistem basis data perusahaan.
2.EDI
Edi adalah implementasi dominan dari suatu IOS. Lebih dari dua
pertiga e-commmerce dilaksanakan dengan menggunakan EDI,jika dibandingkan
dengan alternatif-alternatif IOS lainnya. Meskipun EDI lebih mahal ( membutuhkan biaya mulai dari $5.000 hingga
$30.000 untuk sambungan selama setahun dengan satu vendor atau pelanggan ) dan
merepotkan daripada system komunikasi IOS yang lebih baru, EDI tetap merupakan
metode yang terdepan.
3.Ekstranet
Ekstranet adalah
cara lain dari membuat suatu IOS. Cara ini memungkinkan dibaginya informasi
berbasis computer yang sensitive dengan perusahaan lain dengan menggunakan
teknologi informasi yang yang pada umumnya dihubungkan dengan internet.
Perusahaan mengunakan ekstranet melauli kolaborasi dengan pemasok-pemasok dan
pelanggan-pelanggan besar yang telah dipercaya. Keamanan dan privasi mendapat
perhatian yang serius, sehingga ekstranet diamankan dibalik suatu firewall.
Biaya peralatan
untuk membuat EDI bisa jadi lebih besar daripada yang bersedia dibayarkan oleh
perusahaan tersebut. Bagi perusahaan yang menginginkan biaya yang rendah dan
masih memiliki kecepatan internet, ekstranet dapat menjadi solusi yang tepat.
4.Sekutu-sekutu
Bisnis Proaktif dan Reaktif
Ketika sebuah
perusahaan memutuskan untuk menerapkan IOS, perusahaan tersebut dapat
melakukannya dalam cara proaktif atau reaktif. Sponsor IOS pada umumnya
mengambil pendekatan proaktif, merangsang minat akan IOS dan mendorong
partisipasi dalam jaringan.
Para partisipan pada umumnya merespon dengan cara yang reaktif,
menerima atau menolak penawaran sponsor untuk menerapkan IOS.
5.Pengaruh
Penerapan
Faktor-faktor
yang mempengaruhi keputusan untuk menerapkan suatu IOS, dan faktor ini akan
menetukan apakah perusahaan akan mengambil langkah proaktif atau reaktif.
- Tekanan kompetitif. Ketika perusahaan berada dalam suatu posisi yang buruk terhadap para pesaingnya atau ketika asosiasi industri atau perdagangan memberikan tekanan yang kuat, perusahaan akan menggunakan IOS,seperti EDI, dengan cara yang reaktif.
- Penggunaan kekuasaan. Ketika sebuah perusahaan dapat melaksanakan kekuasaannya atas anggota yang lain, ia akan produktif dalam menerapkan IOS. Beberapa perusahaan memiliki kekuasaan yang begitu besar sehingga perusahaan tersebut dapat meminta para sekutu dagangnya mempergunakan IOS atau berbisnis ditempat lain.
- Kebutuhan internal. Ketika perusahaan sadar bahwa partisipasi dalam IOS merupakan salah satu cara untuk meningkatkan operasinya, perusahaan tersebut akan melakukan pendekatan atas IOS dengan cara yang proaktif.
- Dukungan manajemen puncak. Tanpa melihat apakah perusahaan tersebut bertindak dengan cara yang proaktif maupun reaktif, dukungan manajemen puncak selalu akan mempengaruhi keputusan. Ketika manfaat-manfaat yang signifikan dari IOS mengambil bentuk yang tidak berwujud, dukungan manajemen puncak menjadi suatu hal yang sangat penting.
6.Manfaat-manfaat Tidak Langsung IOS
- Mengurangi kesalahan. Dengan tidak adanya keharusan untuk memasukan data yang masuk kedalam system, kesalahan entri data dapat dikurangi.
- Menurunkan biaya. Penurunan biaya dapat direalisasikan dengan menghilangkan pekerjaan –pekerjaan yang berulang, menghilangkan dokumen kertas, dan mengurangi pekerjaan manual penyebaran dokumen kertas didalam organisasi.
- Meningkatnya efisiensi operasional. Manfaat IOS bagi efisiensi internal dan interorganisasional sebagian besar dimungkinkan oleh EDI dan ekstranet.
- Meningkatnya kemampuan untuk bersaing. Kombinasi antara turunnya biaya dan fitur-fitur produk yang unik yang dimungkinkan oleh IOS , menjadikan para pesaing makin sulit untuk menyamai produk-produk perusahaan dalam hal biaya dan jasa yang tawarkan.
- Memperbaiki hubungan dengan sekutu dagang. Melalui penggabungan dalam suatu sistem formal dengan sekutu dagang, maka secara alamiah akan timbul hubungan yang baik sebagai suatu produk sampingan dari aktivitas bisnis. Semua partisipan akan sadar bahwa mereka bekerja untuk mencapai tujuan yang sama dan memperoleh keuntungan bersama.
- Memperbaiki layanan pelanggan. Kecepatan komunikasi elektronik memungkinkan perusahaan memberikan respon lebih cepat untuk pesanan dan permintaan jasa pelanggan. Ketika digabungkan dengan berkurangnya tingkat kesalaham dan kemudahan bagi pelanggan dalam berbelanja produk, hasilnya adalah membaiknya layanan pelanggan.
H.
Strategi B2C untuk E-Commerce
Nilai uang
e-commerce B2B membuat nilai uang e-commerce B2C terlihat begitu kecil. Dua
alasan mengapa harus memahami strategi bisnis e-commerce begitu penting yaitu
semakin banyaknya jumlah produk dan jasa yang tersedia untuk pengiriman digital
dan semakin banyaknya pelanggan yang mampu mengatasi keengganan mereka untuk
melakukan pembelian menggunakan web.kecepatan komunikasi yang lebih cepat bagi
computer-komputer rumahan juga telah membuat pengiriman produk-produk digital
menjadi lebih praktis, kekhawatiran akan pencurian informasi, seperti informasi
karu kredit, telah digantikan dengan penerimaan.
1. Produk-produk
Digital
Suatu perbedaan
utama antara pembelian produk-produk digital dengan produk-produk fisik melauli
web adalah bahwa produk digital dapat
digunakan begitu selesai di download. Perbedaan lainnya adalah bahwa produk itu
sendiri akan berpindah ke aset pembelinya. Sebagai contoh, musik yang anda
download harus ditempatkan dalam suatu file atau CD atau media penyimpanan
lainnya.
2.
Produk-produk Fisik
Barang –barang
fisik dapat dikomsumsi melalui web.sebagai gantinya harus dkirimkan ke
pelanggan. Perusahaan-perusahaan yang disebut perusahaan catalog telah menghadapi
masalah ini selama bertahun-tahun. Pesana penjualan dapat diambil alih oleh web, tapi pengiriman
harus tetap dilakukan. Pos paket sering
kali menjadi jasa paling murah ang diberikan,tetapi biasanya membutuhkan waktu
pengiriman yang paling lama. Sebagian besar perusahaan jasa pengiriman popular
menawarkan jasa yang melengkapi aktifitas B2C sebuah perusahaan. Pelanggan
akan dapat memiliki lebih banyak informasi dan kendali atas pengiriman.
Pelacakan secara online dapat membuat penjualan B2C menjadi lebih menarik.
3.Penjualan
Maya Versus Campuran
Penjualan
maya ( virtual sales ) adalah
penjualan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang tidak mengoperasikan
tempat berjualan fisik. Dengan demikian penjualan maya tidak ada toko dimana
pelanggan dapat masuk dan membeli produk. Penjualan
campuran ( hybrid sales ) terjadi ketika perusahaan memiliki tempat
berjualan secara fisik dan situs web dimana pelanggan dapat membeli produk.
Kedua strategi penjualan eceran ini perlu menginformasikan biaya dan fitur produk
kepada pelanggan, mengatur pembayaran pelanggan, dan menghasilkan pengiriman
produk.
Kesulitan yang dihadapi oleh perusahaan yang menawarkan penjualan
maya adalah memberikan informasi produk yang dibutuhkan tanpa membingungkan
pelanggan. Kendala lainnya adalah bahwa gambar merupakan file yang berukuran
besar, dan mengkomunikasikannya dari situs web ke komputer pelanggan akan
memakan waktu yang cukup lama. Masalah ini dapatdikurangi dengan mengurangi
jumlah file gambar yang ditampilkan sampai pelanggan telah memusatkan perhatian
pencarian mereka pada pilihan yang relatif sedikit.
4.Pemerintahan
Elektronik
Pemerintah
juga dapat mengambil manfaat dari e-commerce. Sertifikat pajak adalah cara bagi
pemerintah daerah untuk menagih pajak bumi dan bangunan yang belum dibayar.
Seseorang individu akan memberikan penawaran untuk properti yang memiliki pajak
tertunggak, membayar pajak tersebut, dan menagih pajak dari pemiliknya, plus
sejumlah bunga atas pajak yang terutang.
Pemerintah
daerah akan menentukan kapan pembeli sertifikat dapat mengklaim properti jika
pajak yang tertunggak tidak pernah dibayarkan. Jika pemilik properti membayar
pajak yang belum dibayar dan memenuhi persyaratan sertifikat pajak, maka
pemilik akan tetap memiliki propertinya. Pada umumnya hanya sedikit orang yang
memahami sertifikat pajak, sehingga pelanggannya akan memberikan pendapatan
yang sedikit bagi pemerintah daerah. Polk Country memiliki lebih dari 23.000
persil properti dengan pajak tertunggak pada tahun 2005. Dengan penjualan
sertifikat secara online, 15.460 sertifikat dapat dilelang, memberikan lebih
dari $12 juta bagi daerah. E-commerce dapat memberikan keuntungan bagi
pemerintah sama halnya seperti organisasi publik dan swasta.
I. Langkah E-Commerce Berikutnya
Tantangan
bagi e-commerce lebih dari sekedar
jenis barang yang ditawarkan, ia adalah teknologi di balik perdagangan. Banyak
pelanggan merasa lebih nyaman menggunakan telepon selular daripada menggunakan keyboard computer. Kalangan pebisnis
selalu mencari koneksi nirkabel dimanapun tersedia layanan telepon seluler.
1.Perdagangan Bergerak
Perdagangan
bergerak (mobile commerce atau m-commerce)
adalah penggunaan telepon seluler dan asisten digital pribadi (personal digital assistant—PDA) untuk
melakukan e-commerce nirkabel.
Diperkirakan pada tahun 2009 industri ini akan menjadi industri global bernilai
$40 miliar per tahun. Seiring dengan berkembangnya teknologi telepon seluler
dari generasi analog menjadi generasi digital, istilah telekomunikasi generasi ketiga (third
generation—3G) telah secara longgar dipergunakan untuk
teknologi-teknologi nirkabel yang mampu memindahkan data. Satu alasan mengapa m-commerce mendapat sedikit perhatian di
Amerika Serikat adalah bahwa meskipun perusahaan-perusahaan Eropa mulai membeli
biaya lisensi untuk 3G pada tahun 2000, perusahaan AS pertama yang menawarkan
layanan suara/data seperti itu adalah AT&T Wireless pada tahun 2004.
Aplikasi-aplikasi awal E-commerce
meliputi layanan berita, transaksi/pengumuman informasi keuangan, dan perbankan.
Pembelian tiket bioskop dan pembayaran parker adalah dua aplikasi yang mulai
diterima di Eropa dan Jepang. Penjualan eceran mengalami pertumbuhan yang
lambat, tetapi namapaknya pembayaran E-commerce
di restoran-restoran cepat saji mulai banyak diterima.
2.Nirkabel Berkelas
Bisnis di Semua Tempat
Hot spot Internet
nirkabel cukup memadai untuk penggunaan Web umum maupun pribadi, namun
memeriksa e-mail di sebuah kedai kopi
Starbucks adalah suatu cara yang kurang memadai bagi para profesional bisnis.
Hot spot biasanya diciptakan dengan menggunakan suatu koneksi kabel (untuk
kecepatan komunikasinya yang tinggi) dan kemudian dipancarkan melalui sebuah
poin akses nirkabel ke suatu wilayah yang kurang lebih berjarak 100 meter dari
poin akses tersebut. Ketergantungan pada sambungan komunikasi kabel dan
kecilnya cakupan jarak oleh suatu poin akses nirkabel menjadikan akses nirkabel
secara terus-menerus mustahil untuk dilakukan. Komunikasi nirkabel yang
kecepatannya cukup memadai melalui penyedia jasa komunikasi yang sama dengan
telepon seluler akan memungkinkan terciptanya komputasi nirkabel berkelas bisnis hampir di semua tempat..
J. Menggunakan Internet
E-commerce tidak
akan mungkin terjadi tanpa adanya jaringan yang menghubungkan pelanggan dengan
organisasi. Awal mula internet dapat ditarik balik hingga tahun 1969, ketika
pemerintah AS membuat suatu jaringan yang disebut ARPANET. Usaha-usaha yang
diawali di tahun 1989 mengarah pada apa yang kita kenal hari ini sebagai World
Wide Web. ARPANET menunjukkan bahwa permintaan dan penerimaan data oleh
seseorang melalui suatu jaringan yang kompleks yang melibatkan banyak computer
dan koneksi jaringan adalah suatu hal yang mungkin untuk dilakukan.
1.World Wide Web
Pada
tahun 1989, Tim Berners –Lee, Seorang ilmuwan computer yang bekerja di CERN,
Laboratorium Fisika Partikel Eropa, menemukan cara yang lebih baik bagi para
fisikawan untuk saling berkomunikasi. Ide ini adalah dengan menggunakan hypertext—dokumen elektronik yang
saling terkait. Seperti yang di usulkan oleh Berners-Lee, para fisikawan akan
dapat meng-klik pada kata-kata atau frase-frase yang di tampilkan di layar
computer mereka dan menerima hypertext.
Ide ini menjadi kenyataan pada pertengahan tahun 1992 dalam bentuk World Wide
Web. Ia juga memungkinkan dikirimkannya hypermedia—multimedia yang terdiri atas
teks,grafik,audio, dan video—melalui World Wide Web.
World Wide Web,
yang disebut pula sebagai Web dan WWW, adalah informasi yang dapat di
akses melalui internet di mana dokumen-dokumen hypermedia (file-file komputer)
disimpan dan kemudian diambil dengan cara-cara yang menggunakan metode
penentuan alamat yang unik.
Internet akan memberikan arsitektur
jaringan, dan Web akan memberikan metode untuk menyimpan dan mengambil
dokumen-dokumennya. Istilah Internet
dan World Wide Web sering kali
digunakan layaknya keduanya memiliki arti yang sama. Hal ini sebetulnya
bukanlah suatu masalah, tetapi anda harus ingat bahwa Internet adalah jaringan
komunikasi global yang menghubungkan jutaan computer. World Wide Web adalah
kumpulan computer yang bertindak sebagai server
isi/kandungan yang menyimpan dokumen-dokumen yang di format untuk memungkinkan
dilihatnya teks,grafik,dan audio sekaligus juga memungkinkan dibuatnya link dengan dokumen-dokumen lain di
dalam Web. Server-server dan para pengguna yang mengaksesya ini tersambung oleh
Internet. Berikut adalah daftar beberapa istilah umum dalam WWW :
·
Situs
Web. Sekumpulan halaman Web (biasanya
terdapat pada satu computer) yang terhubung dengan Internet dan menyimpan file-file hypermedia yang dapat diakses dari computer lain di dalam jaringan
melalui link hypertext.
·
Link Hypertext. Suatu
petunjuk yang terdiri atas teks atau grafik yang digunakan untuk mengakses hypertext yang disimpan di semua alamat
situs web.
·
Halaman
Web. Suatu file hypermedia yang tersimpan
pada satu alamat situs web yang unik.
·
Home page. Halaman
pertama suatu situs Web. Halaman-halaman situs yang lain akan dapat di jangkau
dari home page.
·
Browser. Perangkat
lunak yang di rancang untuk menemukan dan membaca file-file di internet yang di tulis dalam bahasa hyperteks (hypertext markup language—HTML).
·
Universal Resource
Locator (URL).
Alamat unik suatu situs Web.
·
Protokol.
Sekumpulan standar yang mengatur komunikasi data.
HTTP (hypertext transport protocol)
adalah protocol untuk hypertext.
Protokol umum Web lainnya adalah FTP (file
transfer protocol). Di dalam suatu URL, nama protocol akan diikuti oleh
tanda titik dua (:) dan dua garis miring (//).
·
Nama
Domain. Alamat di situs Web dimana sebuah
halaman Web disimpan
·
Path,Suatu
direktori/subdirektori dan file
tertentu di situs Web. HTML (atau HTM) adalah akhiran untuk kode program yang
mengacu pada file hypertext.
K.
Cyberspace
Dan Superhighway Informasi
Dua
istilah yang juga dikaitkan dengan internet dan web-cyberspace dan superhighway
(jalan bebas hambatan super ) informasi. Istilah cyberspace diperkenalkan pada
tahun 1984, ketika penulis William Gibson menggunakannya dalam bukunya
neuromancer untuk menggambaekan suatu masyarakat yang telah menjadi budak
teknologi. Kini, cyberspace berarti dunia internet dan world wide web .
Istilah
superhighway informasi digunakan dalam konteks yang sama, tetapi tidak ada
suatu kesepakatan penuh mengenai dampak akhirnya pada masyarakat. Istilah ini
biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu kekuatan positif yang memberikan
akses atau sejumlah informasi yang terdapat dalam masyarakat modern kita.
Namun, para skeptis, mengkhawatirkan bahwa superhighway informasi akan dieksploitasioleh
kalangan bisnis sebagai satu cara untuk memaksakan produk mereka pada
masyarakat umum yang naïf dan tidak curiga dan bukan sebagai satu sarana untuk
mengkomunikasikan informasi yang bermanfaat.
1.Standar internet
Salah
satu alas an utama mengapa internet dan web telah diterima dengan tangan
terbuka oleh para pengguna computer di seluruh dunia adalah karena keduanya
bekerja sama sebagai satu system tunggal yang dapat digunakan dari platform
computer apa pun. Seorang pengguna denagan PC Dell atau workstation sun dapat
mengambil halaman web yang sama seperti seorang pengguna dengan powerbook
apple. Agar hal ini mungkin dilakukan, setiap orang yang memberikan kontribusi
pada internet dan arsitektur web harus mengikuti aturan-aturan sama. Dua organisasi
telah mengambil peran kepemimpinan dalam menciptakan standar-standar internet
dan web. Masyarakat Internet dibentuk pada tahun 1992 untuk mempromosikan
penggunaan internet secara komersial dan telah mendelegasikan tanggung jawab
mengenai standar-standar internet kepada internet engineering task force- IETF.
Sedangkan standar web berasal dari world wide web consortium ( W3C).
L. Aplikasi
Bisnis Internet
Secara
sederhana Internet dapat digunakan untuk setiap aplikasi bisnis yang melibatkan
komunikasi data; termasuk komunikasi di dalam perusahaan maupun dengan
lingkungan. Bebeda degan jaringan standar, internet dapat digunakan oleh semua
semua jenis platform computer tanpa harus melakukan upaya khusus. Ini merupakan
satu keunggulan yang penting. Protocol web dan browser juga lebih mudah untuk
dipelajari dan dipergunakan daripada bahasa query yang noemalnya digunakan
untuk mengambil informasi dari basis data. Internet memungkinkan dikirimkannya
beragam jenis media yang ditangani oleh banyak perusahaan melalui jaringan
konvensional yang dimilikinya.
Pertumbuhan
jumlah situs internet yang fenomenal telah menjadikan internet sebagai sumber
informasi yang tidak dapat diabaikan. Internet software consortium (WWW.ISC.ORG)
telah membuat grafik peningkatan nama-nama domain dari hanya beberapa di awal
1990-an, menjadi lebih dari 353 juta pada bulan juli 2005. Domain-domain baru
ini mencerminkan kemungkinan pelanggan-pelanggan, pemasok, dan sekutu –sekutu
bisnis baru.
Semua area perusahaan dapat menggunakan internet,
tetapi satu area yang penting adalah
manajemen rantai pasokan. Khususnya, manajemen rantai pasokan untuk penyedia
layanan kesehatan mendapat perhatian khusus karena cepatnya kenaikan biaya
untuk jasa-jasa medis . aplikasi ritel juga penting dan menjadi satu tandingan
yang baik bagi contoh B2B pada manajemen rantai pasokan.
1.E-Commerce dan
Manajemen Rantai Pasokan Rumah Sakit
Rumah sakit telah
melakukan sebagian besar pembelian mereka secara online. Rumah sakit dapat
menggunakan suatu protokol standar seperti internet untuk menggantikan EDI,
yang membutuhkan sambungan terpisah diantara setiap vendor dan rumah sakit.
Global Healthcare Exchange (WWW.GHX.COM)
membantu rumah sakit mengimplementasikan bursa perdangaan klinik. Dimasa lalu,
biasanya dibutuhkan waktu beberapa minggu bagi rumah sakit untuk menyambungkan
satu vendor baru dengan menggunakan EDI.
Kecepatan
dan kemudahan sambungan ke vendor baru pada e-commerce adalah insentif yang
kuat untuk perubahan. Kecepatan dan efesiensi bursa perdagangan memungkinkan
pembeli mencari alternatif lain yang lebih hemat biaya.
Dengan
bergabung dalam bursa perdagangan, yang hanya membutuhkan akses internet
vendor-vendor kecil dapat bersaing dengan vendor-vendor yang lebih besar.
Hasilnya adalah biaya pembelian yang lebih rendah bagi rumah sakit, dan pada
akhirnya biaya yang lebih rendah bagi pasien.
2.Aplikasi Ritel
Aplikasi
web yang paling dikenal oleh kalangan umum adalah ritel. Banyak para ritel
membuat homepage mereka yang dapat secara langsung diakses melalui web.
Beberapa lebih memilih untuk bergabung dengan toko-toko lain disuatu situs
gabungan yang disebut mal maya (Virtual Mall) dengan harapan bahwa satu nama
mal akan lebih mudah untuk dikenali dan ditemukan dari pada nama toko mereka
masing-masing.
M.
Saran-Saran
Keberhasilan Penggunaan Internet
1. Pastikan
Situs web anda kuat:
2. Pastikan
browser dan struktur basis data anda fleksibel maupun intuitif
3. Menekankan
isi
4. Sering
diperbaharui
5. Melihat
di luar pelanggan
6. Tujukan
isi pada kebutuhan spesifik pengguna
7. Menjadikan
internet intuitif
8. Berada
dilokasi web yang tepat
9. Ciptakan
rasa kebersamaan
10. Carilah
bantuan jika anda membutuhkannya.
N.
Dampak
Internet Pada Bisnis dimasa Mendatang
Para
pengguna internet adalah kelompok yang beragam. E-commerce sedang mengalami
perkembangan baik di amerika serikat maupun diseluruh dunia. Amerika serikat
telah melihat tingkat pertumbuhan tahunan e-commerce yang substansial sebesar
hampir 15% selama 5 tahun terakhir. Jumlah e-commerce yang luar biasa yang
terjadi antar bisnis. E-commerce B2B nampaknya tidak berdampak pada pelanggan,
tetapi harga yang lebih rendah dan layanan pelanggan yang lebih baik yang
memungkinkan oleh B2B adalah hal yang membuat organisasi bisnis kompetitif.
BAB III
KESIMPULAN
E-dagang atau
e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih
luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian
mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan, dll
E-commerce dapat
diklasifasikan menjadi dua jenis yaitu :
1.
Business to Business
(B2B)
Business to Business
(B2B) adalah sistem komunikasi bisnis on-line antar pelaku bisnis. Dalam
Business to Business pada umumnya transaksi dilakukan oleh para trading
partners yang sudah saling kenal dengan format data yang telah disepakati
bersama
2.
Business to Consumer
(B2C)
Business to Consumer (B2C) merupakan mekanisme toko on-line (electronic
shopping mall), yaitu transaksi antara e-merchant dengan e-customer. Business
to Customer sifatnya terbuka untuk publik, sehingga setiap individu dapat
mengaksesnya melalui suatu web server. Konsumen mungkin tidak memiliki keahlian
dalam bidang teknologi informasi, sehingga situs Web harus memberikan instruksi
dan bantuan
Perusahaan
melaksanakan e-commerce untuk dapat mencapai perbaikan organisasi secara
keseluruhan. Perbaikan-perbaikan ini diharapkan merupakan hasil dari tiga
manfaat utama.
·
Perbaikan layanan
pelanggan sebelum, selama dan setelah penjualan
·
Perbaikan hubungan
dengan pemasok dan komunikasi keuangan
·
Peningkatan imbal
balik ekonomi atas pemegang saham dan investasi pemilik
Selain itu ada beberapa keuntungan yang
didapat dari e-commerce yaitu :
·
Bagi
Konsumen : harga lebih murah, belanja
cukup pada satu tempat.
·
Bagi
Pengelola bisnis : efisiensi, tanpa
kesalahan, tepat waktu
·
Bagi
Manajemen : peningkatan pendapatan,
loyalitas pelanggan
DAFTAR
PUSTAKA
Mcleod,
Raymod.schell,George.2007.Management Information System.salemba empat:Jakarta.
Budi.insan.co.id/presentation/e-commerce-indonesia.ppt.(akses,
sabtu,3/3/2012)
Elearning.gunadarma.ac.id.(akses, senin,5/3/2012)
http//:e-commerce.blogspot.com
www. E-business and e-commerce.download.3/2/2011.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar