SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
(SUMBER DAYA KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI)
D
I
S
U
S
U
N
OLEH:
FRENGKY SITOMPUL 7113142016
JUNIARTI MANALU 7113142028
MARTINA PURBA 7113142033
MASTIKA SINAGA 7113142034
RANIDA SINAGA 7113142045
JURUSAN PENDIDIKAN AKUNTANSI
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
2014
KATA PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan hidayahnyaa sehingga tugas penulisan makalah mini untuk memenuhi
tugas Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen ini dapat terselesaikan tepat
pada waktunya.
Penulisan
makalah Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen
ini tak lain dan tak bukan untuk memenuhi tugas Mata Kuliah yang
bersangkutan, selain untuk mempertegas bahwa di era ini pembelajaran dipusatkan
pada mahasiswa (student central learning).
Ucapan terima kasih tak lupa kami
sampaikan kepada pihak-pihak yang memberikan dorongan dan motivasi kepada penulis sehingga makalah mini ini
dapat terselesaikan.
Penulis menyadari banyak kesalahan
yang terjadi disana sini sehingga penulis berharap para pembaca dapat
memberikan kritik dan sarannya untuk perbaikan dimasa-masa yang akan datang.
Medan, Maret 2014
Penulis
DAFTAR ISI
Hal
Kata Pengantar................................................................... i
Daftar Isi............................................................................. ii
BAB I
PENDAHULUAN.............................................................. 1
BAB II
PEMBAHASAN................................................................. 2
A. Peranti Keras................................................................. 2
B. Alat-Alat Komputasi Pribadi......................................... 5
C. Peranti Lunak................................................................. 9
D. Komunikasi.................................................................... 11
E. Jenis-Jenis Jaringan........................................................ 14
F. Konvergensi Komputasi dan Komunikasi..................... 16
BAB III
KESIMPULAN.................................................................. 17
DAFTAR PUSTAKA........................................................ 18
BAB I
PENDAHULUAN
Sumber
daya komputer anda bukan hanya terdapat di atas meja anda, tetapi ada juga
meliputi peranti keras dan peranti lunak serta file-file yang sering anda akses melalui sebuah jaringan, sumber
daya komputer yang anda pergunakan sering kali terhubung dengan komputer anda
melalui sebuah jaringan. Kecepatan dan biaya komunikasi dan prosesor komputer
memengaruhi penggunaan sumber-sumber daya ini. Harga akan terus mengalami
penurunan bahkan pada kenyataannya, kekuatan komputer meningkat dua kali lipat
setiap 18 bulan untuk harga yang sama. Sebaliknya, dalam waktu 18 bulan anda
dapat membeli sebuah komputer dengan tingkat kecepatan saat daya yang murah,
sehingga penggunaan sumber daya komputer
dan komunikasi akan terus berkembang.
Intensif
untuk menghubungkan komputer mikro melalui jaringan berasal dari adanya
keinginan untuk mendapatkan laba yang lebih tinggi. Untuk mendapatkan laba yang lebih tinggi.
Manajer yang dapat saling berbagi informasi berbasis komputer, dengan cepat dan
mudah akan dapat mengambil keputusan yang lebih baik dan lebih cepat daripada
para pesaingnya. Berbagi music dan melakukan obrolan secara online untuk tujuan
hiburan adalah hal yang pantas, namun keduanya tidak akan memeberikan momentum
bagi sangat banyaknya jumlah jaringan yang kita lihat hari ini. Bisnis tidak
akan dapat bersaing secara efektif tanpa mampu berbagi informasi berbasis
komputer yang dimilikinya. Dan pembagian ini membutuhkan adanya jaringan.
Saat
mempelajarai bab ini, tempatkan perubahan-perubahan yang terjadi dalam standar,
kecepatan, dan biaya pada perspektifnya. Jaringan terlena dengan melihat bahwa
hal ini hanyalah sejarah yang harus dipelajari untuk menghadapi sebuah ujian. Standar teknnologi informasi
selalu berubah, perusahaan yang dapat melihat ke masa depan dan memanfaatkan
perubahan adalah perusahaan yang akan mampu tetap dalam perekonomian dewasa
ini.
BAB II
PEMBAHASAN
- PERANTI KERAS
Komputer-komputer
besar yang menjalankan kebanyakan operasi komputer untuk sistem informasi
tersentralisasi disebut komputer
mainframe, atau cukup mainframe saja. Mainframe mendukung ratusan bahkan
ribuan ppengguna dan operasi secara sekaligus. Komputer mikro muncul ketika
komputer digunakan oleh satu orang dan disebut komputer (personal computer)
atau PC. Dewasa ini, kekuatan komputer mikro telah berkembang dan tersambung
dengan komputer-komputer lain melalui internet. Namun seiring kali masih
disebut PC, karena lebih sering digunakan oleh satu orang yang melakukan
tugas-tugas komputasi dalam jumlah yang terbatas.
Prosesor
Prosesor
(yang disebut pula sebagai unit pemrosesan pusat atau central prosessing
unit-CPU) adalah tempat dimana pemrosesan data dilakukan, Intel, Advanced Micro
Devices (AMD), Cyrix, Motorola, dan perusahaan-perusahaan lainnya memproduksi
prosesor mikro yang terdapat di banyak komputer mikro popular. Sebuah prosesor,
seperti Pentium Extreme Edition dari intel mengendalikan pergerakan data dari
satu lokasi ke lokasi lainnya di dalam komputer. Kecepatan prosesor dan ukuran
word bersama-sama bergabung untuk meningkatkan kekuatan komputasi.
Memori
Pada
dasarnya data disimpan di sebuah komputer dalam dua cara-memori dan
penyimpanan. Memori, yang disebut juga ruang penyimpanan perimer atau random
acces memory (RAM). Mengacu pada area penyimpanan yang terdapat pada papan
sirkuit komputer. Memori adalah barang yang rentan karena isinya akan hilang
ketika daya komputer dimatikan.
Jumlah
memori dalam sebuah komputer mikro dapat memberikan dampak yang signifikan pada
persepsi pengguna akan kecepatan. Komputer mikro pada umumnya memiliki memori
sebesar 128 hingga 256 megabita (MB), memori 256 MB adalah sekitar 256 juta
bita. Banyak komputer mikro dapat mengakomodasi memori sebesar 2 gigabita (2
miliar bita).
Ruang Penyimpanan
Ruang
penyimpanan dapat berbentuk tetap atau dapat dilepas. Ruang penyimpanan tetap
(fixed Storage) adalah ruang penyimpanan yang terpasang secara permanen di
dalam komputer. Contohnya adalah hard drive komputer mikro anda. Media
Penyimpanan yang dapat dilepas (removable storage) bias any berbentuk sebuah pita, disk
( yang dikenal pula sebagai disket), flash drive USB (terkadang disebut “pen
drive” , CD, atau media jinjing lainnya. Peranti keras komputer yang membaca
dari dan menulis ke media adalah sebuah drive. Media dan drive yang
menggunakannya telah dihubungkan dengan sanngat erat sehingga kata-kata
tersebut digunakan secara sinonim oleh banyak pengguna komputer.
Terdapat
tiga jenis media berkapasitas tinggi yang layak mendapat perhatiaan: Flash drive USB, compact disc
(CD), dan digital versatile disc (DVD),
Floppy disk, menjadi kurang popular
seiring dengan semakin populernya Flash drive, Floppy Disk memiliki jumlah
ruang penyimpanan yang terbatas (1,44 MB), dan beberapa produsen telah berhenti
menawarkannya pada konfigurasi standar komputer mikro. Flash drive USB
terpasang pada port USB standar, dan beberapa dapat menyimpan hingga 2 GB .
Alat – alat Input ( Input Devices )
Komputer
tidak akan berguna tanpa alat – alat input dan output. Operasi bisnis
membutuhkan sejumlah besar alat-alat input dan output, dan dikembangkan
alat-alat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Meskipun telah bersedia banyak
alat input dan output, hanya sedikit saja yang diterima secara luas.
Data
yang diterima dari manusia ( human captured data ) mengacu pada input yang
diisikan oleh seseorang yang mengetik pada sebuah keyboard, menekan mouse,
menyentuh monitor, berbicara pada mikrofon, atau interaksi lain yang serupa.
Input yang diterima manusia sangat penting, karena memberikan satu mekanisme
langsung bagi pengguna untuk mengendalikan komputer.
Terdapat
kendala bagi data yang diterima dari manusia. Pertama, lambat. Kedua, biasanya
tidak dapat mencapai tingkat akurasi yang sangat tinggi seperti data yang
diterima dari mesin, data yang diterima oleh suatu alat elektronik atau
mekanis.
Sepertinya
data yang diterima dari mesin lebih baik dari data yang diterima dari manusia
karena komputer akan memasukkan data dengan biaya yang lebih rendah.
Alat – Alat Output ( Output Devices )
Dua
alat output yang paling dikenal adalah layar komputer, yang terkadang disebut
monitor, dan printer meskipun konsep “ kantor tanpa kertas” telah mendapat banyak perhatian, hasil
output cetakan tetap merupakan fakta dari kmputasi.
Gambar
pada sebuah layar komputer sangat dipengaruhi oleh resolusi layar. Resolusi layar
( screen resolution ) mengacu pada jumlah piksel, titik – titik cahaya yang terdapat pada monitor, yang ditampilkan
layar. Resolusi layar tingkat tinggi memungkinkan penggunaan cukuo banyak icon secara praktis
sehingga antar muka pengguna berbentuk grafis atau graphical user interface (
GUI ) telah menjadi antar muka yang dominan.
Multimedia
Evolusi
utama alat input dan output adalah menuju ke arah multimedia, penggunaan lebih
dari satu media pada saat yang sama. Sebagai contoh, informasi dalam bentuk
teks dapat di proyeksikan ke layar komputer dengan disertai oleh satu gambar
atau video. Penggunaanya tidak hanya mengetikkan perintah, mereka menggunakan
alat penunjuk seperti mouse atau berbicara ke mikrofon untuk memilih icon. Yang
selanjutnya menyebabkan komputer beroperasi pada alayar pesan. Sentuhan
keyboard atau mouse, input lisan, tampilan gambar dilayar,dan suara dari
pengeras suara bersama-sama akan memberikan beragam kemungkinan input dan
output.
- ALAT-ALAT KOMPUTASI PRIBADI
Beberapa fitur yang membuat menarik
khususnya bagi komputasi pribadi usia beterai yang panjang sebelum di isi
ulang, akses jaringan nirkabel, kemampuan untuk melakukan, sinkronisasi file
data dengan sumber daya komputer yang lain, dan layar tampilan yang kecil namun
fungsional.
Telepon Seluler dengan Pesan dan Video Interaktif
Perusahaan-perusahaan
pembuat telepon popular (Samsung,Nokia, Ericson dll) telah membuat telepon yang
menampilkan pesan tulisan dan gambar-gambar berukuran kecil di layar
tampilannya. Namun telepon seluler memilki kapasitas komputasi yang mendasar
saja, dan kipet serta layar tampilannya bertindk sebagai alat tindak input dan
output.
Telepon
seluler memiliki fitur-fitur lain yang membantu fungsi-fungsi bisnis. Seperti
dasar kontak disimpan dalam telepon seluler. Agenda dan alarm dua fitur
tanbahan telepon yang membantu tujuan bisnis. Manajer dan profesional
menghadiri banyak rapat, dan alarm telepon seluler bekerja seperti sebuah jam
alarmyang berdering pada waktu yang telah di tentukan.
Telepon Seluler Cerdas
Telepon
seluler di anggap sebagai telepon cerdas (smart phone) pekerjaan yang biasanya
yang di hubungkan dengan komputer mikro. Seperti treo 650 yang memiliki
fitur-fitur agenda dan daftar kontak, ia juga menawarkan akses web dan kyboard.
Fitur yang paling membedakan treo sebagai smart phone adalah bahwa ia dapat
mensinkronisasikan seluruh informasinya dengan sebuah komputer mikro.
BlackBerry
7270 dapat mengakses jaringan area lokal nirkabel organisasi anda dan mengambil
informasi dari basis data anda ketika organisasi anda meng-install BlackBerry
Enterprise sebagai server jembatan dari server standar anda ke BlackBerry.
Jaringan Rumah
Jaringan
komputer rumah telah sama populernya dengan perusahaan tv kabel dan perusahaan
telepon yang memasarkan modem untuk koneksi internet broadband. Jika anda
mempunyai tv kabel anda dapat membeli sebuah modem kabel sehingga dapat
mengakses internet melalui kabel yang membawa sinyal tv kerumah anda baik modem
kabel maupun DSL dapat membawa akses internet berkecepatan tinggi kerumah anda.
a. Pemasangan
Modem
Banyak rumah
tangga yang memilki lebih dari satu komputer mikro memilki gerbang berkecepatan
tinggi ke internet melalui modem kabel atau DSL. Masalahnya adalah bagaimana
membagi satu koneksi di antara beberapa komputer. Solusi yang paling umum
adalah menggunakan sebuah router nirkabel. Modem akan tersambung ke komputer
melalui sebuah jaringan nirkabel.
b. Keamanan
Nirkabel
Ketika anda
memasang router jaringan nirkabel, anda akan di tanyakan beberapa pertanyaan.
Pahami bahwa koneksi nirkabel anda memilki jarak sekitar 100 m di dalam sebuah
bangunan, karena adanya dinding dan halangan-halangan lainnya. Ini artinya
bahwa pengguna-pengguna lain dengan kartu jaringan nirkabel akan dapat
terhubung ke router jaringan nirkabel anda jika mereka tinggal atau bekarja di
dekat anda.
Keamanan Komputasi Rumah
Banyak
orang telah menggunakan computer mikro selama bertahun-tahun dan tidak pernah
memikirkan mengenai masalah keamanan. Tiga aspek keamanan memiliki arti yang
penting bagi computer mikro yang Anda pergunakan di rumah dan di tempat kerja: update sistem operasi, virus, dan spyware. Keamanan bagi sumber daya
sebuah organisasi seperti server Web, basis data, dan jaringan hendaknya
menjadi tanggung jawab dari para professional sistem informasi. Tetapi Anda
tetap perlu melindungi komputer Anda.
Perbaruan
Terdapat
dua jenis perbaruan (update) yang
penting bagi pengguna individu: update
untuk system operasi dan untuk peranti lunak aplikasi. Microsoft Windows adalah
sistem operasi yang paling populer bagi computer mikro. Apple Computer membuat
Mac OS X; Unix adalah system operasi yang lain. Kita akan memusatkan perhatian
pada sistem operasi Windows di sini karena sistem operasi ini merupakan sistem
operasi yang paling ditemukan di kebanyakan komputer mikro. Hal-hal yang
dipelajari dari Windows juga dapat diterapkan pada Mac OS X dan Unix.
Meng-update sistem operasi Anda penting artinya bagi keamanandan
efisiensi. Keamanan adalah kepentingan utama, namun efisiensi hendaknya tidak
diabaikan. Hampir setiap hari terdapat satu jenis peranti keras baru yang
dibuat atau diperbaiki. Aplikasi peranti lunak menambahkan fitur-fitur baru.
Jika Anda tidak meng-update system
operasi Anda, Anda mungkin tidak akan dapat menggunakan produk-produk atau
fitur-fitur baru ini secara efesien. Bahkan, tanpa update Anda mungkin tidak dapat mempergunakannya sama sekali.
Hacker
adalah orang-orang yang mencoba untuk menerobos masuk ke sistem komputer guna
mengumpulkan informasi, menolak aksi pemilik ke sumber daya computer miliknya,
mengahspus file-file, atau
mengacaukan komputer mikro oleh para pemiliknya. Beberapa hacker mengatakan bahwa istilah ini telah salah dipergunakan, bahwa
“cracker” adalah orang-orang yang
masuk tanpa izin ke dalam komputer orang lain untuk melakukan tindakan-tindakan
jahat, sedangkan hacker hanya ingin
“melihat-lihat” saja. Setiap orang yang menerobos masuk tanpa izin ke komputer
Anda adalah seorang hacker, karena
mereka tidak memiliki hak untuk mengakses file-file
atau sumber daya komputer Anda.
Sistem-sistem operasi adalah
program-program komputer yang mengendalikan sumber daya peranti keras dan
peranti lunak komputer Anda, dan karena alasan ini mereka merupakan sasaran hacker. Hacker terus-menerus mencoba cara-cara baru untuk masuk ke dalam
computer Anda, sehingga Anda perlu terus-menerus meng-update system operasi yang Anda gunakan.
Virus
Virus
computer adalah program-program computer kecil yang menggandakan dengan
memasukkan diri mereka kedalam sumber daya computer seperti program atau file.
Lama kelamaan virus dapat mengambil alih sumber daya computer karena begitu
banyak file dan program yang terinfeksi dan tidak dapat digunakan kembali. Worms adalah file atau program yang
berdiri sendiri. Worms pada umumnya di anggap sebagai virus namun perbedaannya
adalah worms tidak harus menempelkan dirinya pada suatau program atau file
untuk menggandakan diri atau merusaknya, worm dapat menghapus file, mengubah
file, mengirimkan email dan menimbulkan masalah melalui berbagai macam cara.
Bagi kebanyakan pengguna istilah virus meliputi virus-virus juga sekaligus
worms. Peranti lunak anti virus akan melawan virus atau worm.
Akses
pengguna atas layanan computer akan ditolak jika kelawahan oleh email. Itulah
sebabnya mengapa jenis serangan seperti ini disebut serangan penolakan layanan
(denial-of service attack). Serangan yang jangkauannya lebih luas berfokus pada
banyak computer dalam satu jaringan yang sama untuk menolak layanan bagi
jaringan itu sendiri.
Spyware
Spyware
adalah sebuah program computer kecil yang mengawasi apa yang sedang anda
kerjakan dengan sumber daya computer anda. Beberapa spyware melaporkan
aktifitas computer anda, seperti situ-situs web mana yang anda kunjungi atau
splikasi computer apa yang anda pergunakan, ke entitas lain.
- PERANTI LUNAK
Terdapat
dua jenis dasar peranti lunak, peranti lunak sistem dan aplikasi. Peranti lunak sistem dibutuhkan untuk menggunakan komputer, sedangkan peranti lunak
aplikasi memproses data pengguna. Peranti lunak aplikasi dapat diperoleh dalam
bentuk siap pakai atau dibuiast sesuai pesanan untuk pengguna tertentu.
Peranti Lunak Sistem
Peranti
lunak sistem
( system software ) atau yang disebut juga peranti lunak system operasi,
menjalankan tugas-tugas mendasar yang dibutuhkan oleh seluruh pengguna dari
satu komputer
tertentu. Tugas-tugas ini berhubungan dengan peranti keras dan bukan dengan
aplikasi yang dikerjakan oleh perusahaan/pengguna. Adalah hal yang mustahil
menggunakan sebuah computer modern tanpa menggunakan bebrapa peranti lunak
sistemnya.
System
operasi mengelola proses-proses komputer,
dan berfungsi sebagai suatu antar muka yang menghubungkan santar pengguna,
peranti lunak aplikasi, dan peranti keras.
Peranti Lunak
Aplikasi
Ketika
komputer pertama dikembangkan, bahasa pemrograman masih belum ada. Programmer
akan memasukkan serangkaian angka nol dan satu ke dalam memori komputer untuk
mengendalikan operasinya. Kini, kita menggunakan aplikasi peranti lunak siap
pakai dan, kadang-kadang , peranti lunak
aplikasi yang dibuat sesuai pesanan. Dengan meningkatnya pengetahuan
para pengguna komputer maka meningkat pula jumlah aplikasi yang ditulis sendiri
oleh pengguna akhir.
Peranti lunak aplikasi siap pakai
Beberapa
tugas pengolahan informasi sangat terstandarisasi dan memberikan fungsi yang
sama dari satu bisnis ke bisnis yang lain. Peranti lunak dapat telah diprogram
sebelumnya untuk situasi-situasi seperti ini.
Peranti
lunak aplikasi siap pakai diproduksi oleh pemasok dan dijual kepada pengguna.
Pengguna dapat menggunakan peranti lunak yang telah dikembangkan oleh proramer-programer yang berpengalaman
tanpa harus memperkerjakan programer sendiri atau belajar bagaimana cara
membuat program. Peranti lunak siap pakai memiliki dua keuntungan penting :
· Peranti
lunak siap pakai telah langsung tersedia. Bisnis tidak harus menunggu programer
mengembangkannya selama tiga minggu atau enam bulan.
· Peranti
lunak siap pakai lebih murah daripada peranti lunak khusus.
Peranti
lunak aplikasi khusus
Terkadang sebuah
organisasi memiliki operasi yang unik. Dalam kasus-kasus seperti ini, bisnis
mungkin memiliki programer konsultannya sendiri yang menulis peranti lunak
untuk memenuhi kebutuhannya. Peranti lunak seperti ini disebut peranti lunak
aplikasi khusus.
Peranti
lunak yang ditulis oleh pengguna
Pengguna akhir
membuat peranti lunak aplikasi dalam jumlah signifikan yang dapat mereka
pergunakan dalam tugas-tugas pekerjaannya. Faktor-faktor yang membuat pengguna
akhir membuat aplikasi mereka sendiri adalah kecepatan kapan aplikasi tersebut
dibuutuhkan , tingkat kerumitan aplikasi, dan kemudahan penggunaan paket
peranti lunak.
Peranan
Peranti Lunak yang
Mudah Digunakan Pengguna
Peranti lunak
komputer yang sederhana dan penggunaannya intuitif sering kali dikatakan mudah
digunakan pengguna ( user friendly) . sebenarnya , user-friendly berarti bahwa
aplikasi tersebut telah dibuat dengan seksama sehingga berbagai bakat dan
keahlian yang dimiliki oleh rentang pengguna yang luas dapat diakomodasi.
Membuat peranti lunak yang “user friendly” jauh lebih sulit daripada membuat
peranti lunak yang “programer friendly”.
Karakteristik
aplikasi yang mudah digunakan
· Dialog
yang dipandu untuk mengarahkan pengguna sehubungan dengan data apa yang
dibutuhkan, format data yang diminta, dan masalah-masalah lain yang serupa.
· Menu,
daftar perintah dengan langkah-langkah yang ditampilkan ke bawah, dan icon :
banyak cara untuk menyelesaikan tugas yang sama memberikan panduan kepada
pengguna yang masih awam sekaligus pada waktu yang bersamaan memungkinkan lebih
banyak pengguna yang mahir mengambil jalan singkat untuk menyelesaikan tugas.
· Pola
dan formulir-formulir isian
· Bantuan
yang sensitif pada konteks.
- KOMUNIKASI
Kecepatan
tranmisi data antarkomputer yang berlangsung melalui system telepon public
sering kali lebih lambat daripada ketika computer tersambung melalui
jaringannya sendiri. Kabel yang menghubungkan kedua koneksi sama, namun
kebanyakan jaringan komputer beroperasi ratusan kali lebih cepat daripada
koneksi yang melewati system telepon public. Alasannya adalah karena protocol
untuk untuk komunikasi system telepon public dirancang untuk komunikasi suara
dan kualitas serta kecepatan saluran komunikasi ini tidak harus tinggi.
Protokol adalah spesifiksi dalam pemformatan data yang akan ditransfer di
antara peralatan komunikasi.
Koneksi Publik
Seseorang
yang menggunakan system telepon tetap dapat memahami komunikasi bahkan ketika
saluran tersebut memiliki suara statis atau suara berdengung ; sedangkan
komputer membutuhkan koneksi yang sangat dapat diandalkan.
Modem
telepon menghubungkan sekitar setengah komputer rumah ke internet pada
kecepatan 56 Kbps ( 56.000 bit perdetik ). Protokol-protokol jaringan layanan
digital terintegrasi dan saluran berlangganan digital menjadi standar untuk
mengirimkan data pada kecepatan 1,5
hingga 32 Mbps ( 32 juta bit per detik ) melalui saluran telepon standar.
Modem
kabel sebenarnya tersambung ke internet melalui kabel coaxial yang umumnya digunakan untuk menerima siaran televise
kabel. Modem kabel biasanya mencapai kecepatan 2 Mbps. Akan tetapi, kecepatan
yang sebenarnya terkadang hanya mampu mencapai 512 Kbps saja.
Jaringan
Pribadi Maya (Virtual Private Networks)
Saluran pribadi juga lebih cepat daripada transmisi Internet yang aman, Kecepatan yang
lebih tinggi ini disebabkan oleh adanya fakta bahwa kebenaran pesan yang
dikirimkan menggunakan Internet akan diperiksa pada beberapa titik ketika peralatan telepon melewatkan pesan melalui
beberapa link yang terdapat pada jaringan. Bagaimana jika Anda dapat menikmati keamanan dan kecepatan saluran pribadi
namun tetap dapat mempergunakan jaringan Internet yang berbiaya rendah.
Protokol untuk Komunikasi Komputer
Komputer pada awalnya tidak dirancang untuk berbagi data dengan komputer lain, dan hanya
dengan terminal-terminal. Terminal adalah suatu alat yang tidak memiliki ruang
penyimpanan atau prosesor; terminal hanya menyediakan alat memasukkan dan menampilkan
data bagi komputer.
IBM menyadari keterbatasan komunikasi ini sebagai suatu masalah, khususnya
karena perusahaan tersebut ingin menjual beberapa komputer kepada satu
perusahaan. Sebagai tanggapan atas keterbatasan komunikasi ini, IBM dan perusahaan-perusahaan.lain
mulai mengembangkan protokol komunikasi.
·
System Network Architecture,
IBM menciptakan System Network Architecture (SNA) sebagai satu
protokol miliknya pada tahun 1974. Protokol ini
dirancang untuk komputer- komputer besar, bukan komputer mikro. SNA membutuhkan
satu komputer induk utama yang mengumpulkan komputer-komputer lain yang
terhubung oleh suatu jaringan dalam suatu urut-urutan, hampir sama dengan
menunggu giliran.
·
Token Ring, IBM menyadari bahwa tidak semua pelanggannya mampu atau ingin mengeluarkan biaya tambahan untuk
mengendalikan peranti keras. Kemudian perusahaan mulai mengembangkan suatu protokol
miliknya yang tidak mengandalkan diri pada satu komputer induk untuk
mengendalikan komunikasi ke komputer-komputer lain, melainkan yang akan memperlakukan
komputer lain sebagai sesama (peer).
·
Ethernet Xerox mengembangkan satu arsitektur komunikasi peer to peer yang berbeda pada
awal tahun 1970-an, dan dengan bekerja sama beserta Intel dan Digital Equipment
Corporation, mengeluarkan Ethernet.
Paket
Untuk pemindahan data besar, pesan-pesan yang dikirimkan perlu dipecah
menjadi bagian-bagian kecil sehingga pesan dari satu komputer tidak mendominasi
media kornunikasi. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan paket-paket data. Paket data
adalah satu bagian dari data total yang akan dikomunikasikan, digabungkan
dengarn alamat komputer yang dituju, komputer pengirim, dan informasi kendali
lainnya.
Salah satu protokol penggantian paket (packet switching protocol) yang lebih penting adalah
TCP/IP, yang merupakan singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol (Protokol
Pengendali Transmisi Protokol Internet). Transmission
Control Protocol menjalankan komunikasi melalui jaringan di antara dua komputer, Internet Protocol menangani
paket-paket sehingga mereka dapat dijalankan di antara kornputer-komputer pada
jaringan komunikasi.
Alamat
Jaringan Internet
Untuk
menjalankan paket-paket rnelalui jaringan, setiap komputer yang menangani paket data
harus memiliki satu alamat yang unik. Ketika menjalankan paket-paket di
Internet maka akan dipergunakan alamat IP. Alamat IP adalah empat
bagian kumpulan angka (yang.rnasing-masing antara 0 hingga 255), yang dipisahkan
oleh titik. Bagian-bagian alamat tersebut akan menunjukkan jaringan, host, sub jarigan, dan komputer yang
sedang dituju. Sebagai contoh, alamat-lP untuk University of North Carolina di
Wilmington adalah 152.20.9.40.
Kebanyakan
pengguna di dalam sebuah perusahaan terhubung ke jaringan melalui alamat yang diberikan
secara permanen.
Pengguna di rumah biasanya mengakses jaringan dengan menggunakan penyedia
layanan Internet atau Internet service
provider (ISP). Pengguna terhubung ke ISP dengan menggunakan sistem
telepon publik atau melalui modem kabel atau DSL.
E.
JENIS – JENIS
JARINGAN
Jaringan Area Lokal (Local Area Networks)
Jaringan Area Lokal atau Local Area Network (LAN) adaIah
sekelompok komputer dan alat-alat lainnya (seperti printer) yang terkoneksi
oleh satu media yang sama. Media ini biasanya berupa kabel tembaga, namun dapat berupa nirkabel, serat
optik, atau media- media lainnya. LAN biasanya
menggabungkan komputer-komputer yang secara fisik berdekatan, seperti berada di
ruangan atau gedung yang sama. Hanya komputer dan alat- alat lain dalam jumlah
yang terbatas yang dapat terhubung ke satu LAN.
Jaringan Area Metropolitan
dan Jaringan Area Luas
Jaringan area metropolitan atau metropolitan area
network (MAN) adalah
satu jaringan yang memiliki batas jarak fisik sebesar
kurang lebih 30 mil. Jarak yang
dijangkau ini mernbedakan MAN dari LAN. Secara konsep, MAN mungkin merupakan jaringan yang
menghubungkan seluruh suite di dalam satu gedung (seluruh
departernen). Menghubungkan beberapa gedung dari satu organisasi bersama, seperti
bangunan-bangunan dalam kampus sebuah universitas, adalah aplikasi umum dari MAN.
Seperti LAN, MAN tidak menggunakan sistem telepon publik untuk mernindahkan
data. MAN memindahkan data pada kecepatan yang sama dengan LAN.
Jaringan area luas
atau wide
area network (WAN) digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer dan
alat-alat lainnya ketika jaraknya melebihi
batasan LAN dan MAN. WAN menggunakan satu carrier umum,
sistem telepon public. Dengan koneksi Internet yang semakin
meluas, minat akan WAN pun menurun. Untuk tujuan kepraktisan, WAN telah
digantikan oleh Internet.
Internet
Internet telah memberikan dampak yang jauh lebih besar pada komunikasi
berbasis komputer daripada perkembangan yang lain, dan ia juga telah memunculkan
aplikasi- aplikasi khusus lainnya seperti intranet dan ekstranet. Sederhananya,
internet hanyalah sekumpulan jaringan yang dapat disatukan bersama. Jika Anda
memiliki satu LAN di satu suite kantor dan satu LAN lagi di suite kantor
yang lain, Anda dapat menggabungkan keduanya, sehingga menciptakan suatu internet.
Internet bersifat umum. Setiap orang dengan sebuah komputer dan akses ke media kornunikasi
akan dapat menjelajahi Internet. Keterbukaan ini memiliki keunggulan dan
kerugiannya sendiri. Jika organisasi Anda mencari pelanggan-pelanggan baru, maka Anda
ingin untuk memiliki kemungkinan penyimak terluas bagi produk-produk Anda. Akan
tetapi, seseorang menggunakan Internet untuk mengambil data dari sumber daya komputer
Anda dapat mengambil data yang Anda ingin jaga tetap pribadi.
Intranet
Intranet menggunakan protokol jaringan yang
sama dengan Internet, namun membatasi akses ke sumber daya komputer hanya pada
sekelompok orang terpilih di dalam organisasi. Dengan kata lain, intranet
hanya dapat digunakan pada anggota dari kelompok organisasi tersebut.
Ekstranet
Hanya para pelanggan dan sekutu bisnis yang dipercaya saja yang mampu
mendapat akses ekstranet, karena akses ini mengizinkan kemungkinan penggunaan sistem
informasi dan surnber daya komputer yang tidak secara langsung berhubungan dengan
komunikasi. Firewall juga dipergunakan oleh ekstranet. untuk mencegah
diaksesnya sumber daya kornputer oleh pengguna yang tidak terotorisasi.
F. KONVERGENSI
KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI
Voice over Internet Protocol (VoIP) adalah perlewatan
komunikasi suara melalui Internet laksana komunikasi digital. Setiap sinyal
suara dapat digitalisasi dan dikirimkan melalui Internet dan dimainkan kembali
pada pengeras suara ditempat tujuannya. Skype (WWW.SKYPE.COM) telah menyediakan peranti lunak gratis untuk komunikasi
seperti ini sejak tahun 2003.
BAB III
KESIMPULAN
Komputer-komputer
besar yang menjalankan kebanyakan operasi komputer untuk sistem informasi
tersentralisasi disebut komputer
mainframe, atau cukup mainframe saja. Mainframe mendukung ratusan bahkan
ribuan ppengguna dan operasi secara sekaligus. Komputer mikro muncul ketika
komputer digunakan oleh satu orang dan disebut komputer (personal computer)
atau PC. Komputer terdiri beberapa perangkat antara lain sebagai berikut :
prosesor, memori, ruang penyimpanan.
Alat-alat
komputasi pribadi, Beberapa fitur yang membuat menarik khususnya bagi komputasi
pribadi usia beterai yang panjang sebelum di isi ulang, akses jaringan
nirkabel, kemampuan untuk melakukan, sinkronisasi file data dengan sumber daya
komputer yang lain, dan layar tampilan yang kecil namun fungsional.
Terdapat
dua jenis dasar peranti lunak, peranti lunak system dan aplikasi. Peranti lunak
system dibutuhkan untuk menggunakan computer, sedangkan peranti lunak aplikasi
memproses data pengguna. Peranti lunak aplikasi dapat diperoleh dalam bentuk
siap pakai atau dibuiast sesuai pesanan untuk pengguna tertentu.
Kecepatan
tranmisi data antarkomputer yang berlangsung melalui system telepon public
sering kali lebih lambat daripada ketika computer tersambung melalui
jaringannya sendiri. Kabel yang menghubungkan kedua koneksi sama, namun
kebanyakan jaringan komputer beroperasi ratusan kali lebih cepat daripada
koneksi yang melewati system telepon publik.
DAFTAR
PUSTAKA
Mcleod,
Raymod.schell,George.2007.Management Information System.salemba empat:Jakarta.
http//:
Ricardo.co.id/presentation/software and hardware computer.ppt.(akses, sabtu,19/3/2012)
Gambling in Las Vegas: A Guide to Casino Games and Other
BalasHapusThe most 정읍 출장샵 popular casino games 제천 출장마사지 are blackjack, roulette, craps, and craps. You 춘천 출장마사지 can play at 당진 출장샵 most 나주 출장안마 Las Vegas casinos, with casinos offering a wide selection of