Senin, 19 Mei 2014

BAB V tentang SUMBER DAYA KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI



SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
(SUMBER DAYA KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI)

D
I
S
U
S
U
N

OLEH:

FRENGKY SITOMPUL                       7113142016
JUNIARTI MANALU                          7113142028
MARTINA PURBA                              7113142033
MASTIKA SINAGA                             7113142034
RANIDA SINAGA                                7113142045
                 


JURUSAN PENDIDIKAN AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
2014




KATA PENGANTAR

            Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan hidayahnyaa sehingga tugas penulisan makalah mini untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen  ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya.
             Penulisan makalah Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen  ini tak lain dan tak bukan untuk memenuhi tugas Mata Kuliah yang bersangkutan, selain untuk mempertegas bahwa di era ini pembelajaran dipusatkan pada mahasiswa (student central learning).
             Ucapan terima kasih tak lupa kami sampaikan kepada pihak-pihak yang memberikan dorongan dan motivasi kepada penulis sehingga makalah mini ini dapat terselesaikan.
             Penulis menyadari banyak kesalahan yang terjadi disana sini sehingga penulis berharap para pembaca dapat memberikan kritik dan sarannya untuk perbaikan dimasa-masa yang akan datang.

Medan,     Maret  2014


Penulis




DAFTAR ISI
                                                                                                                                   Hal
Kata Pengantar...................................................................                         i
Daftar Isi.............................................................................                         ii

BAB I
PENDAHULUAN..............................................................                         1

BAB II
PEMBAHASAN.................................................................                       2
 A. Peranti Keras.................................................................                        2
 B. Alat-Alat Komputasi Pribadi.........................................                          5
 C. Peranti Lunak.................................................................                       9
 D. Komunikasi....................................................................                     11
E. Jenis-Jenis Jaringan........................................................                      14
F. Konvergensi Komputasi dan Komunikasi.....................                        16

BAB III
KESIMPULAN..................................................................                   17

DAFTAR PUSTAKA........................................................                    18

 


BAB I
PENDAHULUAN
Sumber daya komputer anda bukan hanya terdapat di atas meja anda, tetapi ada juga meliputi peranti keras dan peranti lunak serta file-file yang sering anda akses melalui sebuah jaringan, sumber daya komputer yang anda pergunakan sering kali terhubung dengan komputer anda melalui sebuah jaringan. Kecepatan dan biaya komunikasi dan prosesor komputer memengaruhi penggunaan sumber-sumber daya ini. Harga akan terus mengalami penurunan bahkan pada kenyataannya, kekuatan komputer meningkat dua kali lipat setiap 18 bulan untuk harga yang sama. Sebaliknya, dalam waktu 18 bulan anda dapat membeli sebuah komputer dengan tingkat kecepatan saat daya yang murah, sehingga penggunaan  sumber daya komputer dan komunikasi akan terus berkembang.
Intensif untuk menghubungkan komputer mikro melalui jaringan berasal dari adanya keinginan untuk mendapatkan laba yang lebih tinggi.  Untuk mendapatkan laba yang lebih tinggi. Manajer yang dapat saling berbagi informasi berbasis komputer, dengan cepat dan mudah akan dapat mengambil keputusan yang lebih baik dan lebih cepat daripada para pesaingnya. Berbagi music dan melakukan obrolan secara online untuk tujuan hiburan adalah hal yang pantas, namun keduanya tidak akan memeberikan momentum bagi sangat banyaknya jumlah jaringan yang kita lihat hari ini. Bisnis tidak akan dapat bersaing secara efektif tanpa mampu berbagi informasi berbasis komputer yang dimilikinya. Dan pembagian ini membutuhkan adanya jaringan.
Saat mempelajarai bab ini, tempatkan perubahan-perubahan yang terjadi dalam standar, kecepatan, dan biaya pada perspektifnya. Jaringan terlena dengan melihat bahwa hal ini hanyalah sejarah yang harus dipelajari untuk menghadapi  sebuah ujian. Standar teknnologi informasi selalu berubah, perusahaan yang dapat melihat ke masa depan dan memanfaatkan perubahan adalah perusahaan yang akan mampu tetap dalam perekonomian dewasa ini.
 



BAB II
PEMBAHASAN
  1. PERANTI KERAS
Komputer-komputer besar yang menjalankan kebanyakan operasi komputer untuk sistem informasi tersentralisasi disebut komputer mainframe, atau cukup mainframe saja. Mainframe mendukung ratusan bahkan ribuan ppengguna dan operasi secara sekaligus. Komputer mikro muncul ketika komputer digunakan oleh satu orang dan disebut komputer (personal computer) atau PC. Dewasa ini, kekuatan komputer mikro telah berkembang dan tersambung dengan komputer-komputer lain melalui internet. Namun seiring kali masih disebut PC, karena lebih sering digunakan oleh satu orang yang melakukan tugas-tugas komputasi dalam jumlah yang terbatas.
Prosesor
Prosesor (yang disebut pula sebagai unit pemrosesan pusat atau central prosessing unit-CPU) adalah tempat dimana pemrosesan data dilakukan, Intel, Advanced Micro Devices (AMD), Cyrix, Motorola, dan perusahaan-perusahaan lainnya memproduksi prosesor mikro yang terdapat di banyak komputer mikro popular. Sebuah prosesor, seperti Pentium Extreme Edition dari intel mengendalikan pergerakan data dari satu lokasi ke lokasi lainnya di dalam komputer. Kecepatan prosesor dan ukuran word bersama-sama bergabung untuk meningkatkan kekuatan komputasi.
Memori
Pada dasarnya data disimpan di sebuah komputer dalam dua cara-memori dan penyimpanan. Memori, yang disebut juga ruang penyimpanan perimer atau random acces memory (RAM). Mengacu pada area penyimpanan yang terdapat pada papan sirkuit komputer. Memori adalah barang yang rentan karena isinya akan hilang ketika daya komputer dimatikan.
Jumlah memori dalam sebuah komputer mikro dapat memberikan dampak yang signifikan pada persepsi pengguna akan kecepatan. Komputer mikro pada umumnya memiliki memori sebesar 128 hingga 256 megabita (MB), memori 256 MB adalah sekitar 256 juta bita. Banyak komputer mikro dapat mengakomodasi memori sebesar 2 gigabita (2 miliar bita).
Ruang Penyimpanan
Ruang penyimpanan dapat berbentuk tetap atau dapat dilepas. Ruang penyimpanan tetap (fixed Storage) adalah ruang penyimpanan yang terpasang secara permanen di dalam komputer. Contohnya adalah hard drive komputer mikro anda. Media Penyimpanan yang dapat dilepas (removable storage) bias any berbentuk sebuah pita, disk ( yang dikenal pula sebagai disket), flash drive USB (terkadang disebut “pen drive” , CD, atau media jinjing lainnya. Peranti keras komputer yang membaca dari dan menulis ke media adalah sebuah drive. Media dan drive yang menggunakannya telah dihubungkan dengan sanngat erat sehingga kata-kata tersebut digunakan secara sinonim oleh banyak pengguna komputer.
Terdapat tiga jenis media berkapasitas tinggi yang layak mendapat  perhatiaan: Flash drive USB, compact disc (CD),  dan digital versatile disc (DVD), Floppy disk,  menjadi kurang popular seiring dengan semakin populernya Flash drive, Floppy Disk memiliki jumlah ruang penyimpanan yang terbatas (1,44 MB), dan beberapa produsen telah berhenti menawarkannya pada konfigurasi standar komputer mikro. Flash drive USB terpasang pada port USB standar, dan beberapa dapat menyimpan hingga 2 GB .
Alat – alat Input ( Input Devices )
Komputer tidak akan berguna tanpa alat – alat input dan output. Operasi bisnis membutuhkan sejumlah besar alat-alat input dan output, dan dikembangkan alat-alat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Meskipun telah bersedia banyak alat input dan output, hanya sedikit saja yang diterima secara luas.
Data yang diterima dari manusia ( human captured data ) mengacu pada input yang diisikan oleh seseorang yang mengetik pada sebuah keyboard, menekan mouse, menyentuh monitor, berbicara pada mikrofon, atau interaksi lain yang serupa. Input yang diterima manusia sangat penting, karena memberikan satu mekanisme langsung bagi pengguna untuk mengendalikan komputer.
Terdapat kendala bagi data yang diterima dari manusia. Pertama, lambat. Kedua, biasanya tidak dapat mencapai tingkat akurasi yang sangat tinggi seperti data yang diterima dari mesin, data yang diterima oleh suatu alat elektronik atau mekanis.
Sepertinya data yang diterima dari mesin lebih baik dari data yang diterima dari manusia karena komputer akan memasukkan data dengan biaya yang lebih rendah.
Alat – Alat Output ( Output Devices )
Dua alat output yang paling dikenal adalah layar komputer, yang terkadang disebut monitor, dan printer meskipun konsep “ kantor tanpa kertas” telah mendapat banyak perhatian, hasil output cetakan tetap merupakan fakta dari kmputasi.
Gambar pada sebuah layar komputer sangat dipengaruhi oleh resolusi layar. Resolusi layar ( screen resolution ) mengacu pada jumlah piksel, titik – titik cahaya  yang terdapat pada monitor, yang ditampilkan layar. Resolusi layar tingkat tinggi memungkinkan  penggunaan cukuo banyak icon secara praktis sehingga antar muka pengguna berbentuk grafis atau graphical user interface ( GUI ) telah menjadi antar muka yang dominan.




Multimedia
Evolusi utama alat input dan output adalah menuju ke arah multimedia, penggunaan lebih dari satu media pada saat yang sama. Sebagai contoh, informasi dalam bentuk teks dapat di proyeksikan ke layar komputer dengan disertai oleh satu gambar atau video. Penggunaanya tidak hanya mengetikkan perintah, mereka menggunakan alat penunjuk seperti mouse atau berbicara ke mikrofon untuk memilih icon. Yang selanjutnya menyebabkan komputer beroperasi pada alayar pesan. Sentuhan keyboard atau mouse, input lisan, tampilan gambar dilayar,dan suara dari pengeras suara bersama-sama akan memberikan beragam kemungkinan input dan output.

  1. ALAT-ALAT KOMPUTASI PRIBADI
            Beberapa fitur yang membuat menarik khususnya bagi komputasi pribadi usia beterai yang panjang sebelum di isi ulang, akses jaringan nirkabel, kemampuan untuk melakukan, sinkronisasi file data dengan sumber daya komputer yang lain, dan layar tampilan yang kecil namun fungsional.
Telepon Seluler dengan Pesan dan Video Interaktif
Perusahaan-perusahaan pembuat telepon popular (Samsung,Nokia, Ericson dll) telah membuat telepon yang menampilkan pesan tulisan dan gambar-gambar berukuran kecil di layar tampilannya. Namun telepon seluler memilki kapasitas komputasi yang mendasar saja, dan kipet serta layar tampilannya bertindk sebagai alat tindak input dan output.
Telepon seluler memiliki fitur-fitur lain yang membantu fungsi-fungsi bisnis. Seperti dasar kontak disimpan dalam telepon seluler. Agenda dan alarm dua fitur tanbahan telepon yang membantu tujuan bisnis. Manajer dan profesional menghadiri banyak rapat, dan alarm telepon seluler bekerja seperti sebuah jam alarmyang berdering pada waktu yang telah di tentukan.

Telepon Seluler Cerdas
Telepon seluler di anggap sebagai telepon cerdas (smart phone) pekerjaan yang biasanya yang di hubungkan dengan komputer mikro. Seperti treo 650 yang memiliki fitur-fitur agenda dan daftar kontak, ia juga menawarkan akses web dan kyboard. Fitur yang paling membedakan treo sebagai smart phone adalah bahwa ia dapat mensinkronisasikan seluruh informasinya dengan sebuah komputer mikro.
BlackBerry 7270 dapat mengakses jaringan area lokal nirkabel organisasi anda dan mengambil informasi dari basis data anda ketika organisasi anda meng-install BlackBerry Enterprise sebagai server jembatan dari server standar anda ke BlackBerry.  
Jaringan Rumah
Jaringan komputer rumah telah sama populernya dengan perusahaan tv kabel dan perusahaan telepon yang memasarkan modem untuk koneksi internet broadband. Jika anda mempunyai tv kabel anda dapat membeli sebuah modem kabel sehingga dapat mengakses internet melalui kabel yang membawa sinyal tv kerumah anda baik modem kabel maupun DSL dapat membawa akses internet berkecepatan tinggi kerumah anda.
a.       Pemasangan Modem
Banyak rumah tangga yang memilki lebih dari satu komputer mikro memilki gerbang berkecepatan tinggi ke internet melalui modem kabel atau DSL. Masalahnya adalah bagaimana membagi satu koneksi di antara beberapa komputer. Solusi yang paling umum adalah menggunakan sebuah router nirkabel. Modem akan tersambung ke komputer melalui sebuah jaringan nirkabel. 
b.      Keamanan Nirkabel
Ketika anda memasang router jaringan nirkabel, anda akan di tanyakan beberapa pertanyaan. Pahami bahwa koneksi nirkabel anda memilki jarak sekitar 100 m di dalam sebuah bangunan, karena adanya dinding dan halangan-halangan lainnya. Ini artinya bahwa pengguna-pengguna lain dengan kartu jaringan nirkabel akan dapat terhubung ke router jaringan nirkabel anda jika mereka tinggal atau bekarja di dekat anda.
Keamanan Komputasi Rumah
Banyak orang telah menggunakan computer mikro selama bertahun-tahun dan tidak pernah memikirkan mengenai masalah keamanan. Tiga aspek keamanan memiliki arti yang penting bagi computer mikro yang Anda pergunakan di rumah dan di tempat kerja: update sistem operasi, virus, dan spyware. Keamanan bagi sumber daya sebuah organisasi seperti server Web, basis data, dan jaringan hendaknya menjadi tanggung jawab dari para professional sistem informasi. Tetapi Anda tetap perlu melindungi komputer Anda.
Perbaruan 
Terdapat dua jenis perbaruan (update) yang penting bagi pengguna individu: update untuk system operasi dan untuk peranti lunak aplikasi. Microsoft Windows adalah sistem operasi yang paling populer bagi computer mikro. Apple Computer membuat Mac OS X; Unix adalah system operasi yang lain. Kita akan memusatkan perhatian pada sistem operasi Windows di sini karena sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang paling ditemukan di kebanyakan komputer mikro. Hal-hal yang dipelajari dari Windows juga dapat diterapkan pada Mac OS X  dan Unix.
            Meng-update sistem operasi Anda penting artinya bagi keamanandan efisiensi. Keamanan adalah kepentingan utama, namun efisiensi hendaknya tidak diabaikan. Hampir setiap hari terdapat satu jenis peranti keras baru yang dibuat atau diperbaiki. Aplikasi peranti lunak menambahkan fitur-fitur baru. Jika Anda tidak meng-update system operasi Anda, Anda mungkin tidak akan dapat menggunakan produk-produk atau fitur-fitur baru ini secara efesien. Bahkan, tanpa update Anda mungkin tidak dapat mempergunakannya sama sekali.
           
Hacker adalah orang-orang yang mencoba untuk menerobos masuk ke sistem komputer guna mengumpulkan informasi, menolak aksi pemilik ke sumber daya computer miliknya, mengahspus file-file, atau mengacaukan komputer mikro oleh para pemiliknya. Beberapa hacker mengatakan bahwa istilah ini telah salah dipergunakan, bahwa “cracker” adalah orang-orang yang masuk tanpa izin ke dalam komputer orang lain untuk melakukan tindakan-tindakan jahat, sedangkan hacker hanya ingin “melihat-lihat” saja. Setiap orang yang menerobos masuk tanpa izin ke komputer Anda adalah seorang hacker, karena mereka tidak memiliki hak untuk mengakses file-file atau sumber daya komputer Anda.
            Sistem-sistem operasi adalah program-program komputer yang mengendalikan sumber daya peranti keras dan peranti lunak komputer Anda, dan karena alasan ini mereka merupakan sasaran hacker. Hacker terus-menerus mencoba cara-cara baru untuk masuk ke dalam computer Anda, sehingga Anda perlu terus-menerus meng-update system operasi yang Anda gunakan.
Virus
Virus computer adalah program-program computer kecil yang menggandakan dengan memasukkan diri mereka kedalam sumber daya computer seperti program atau file. Lama kelamaan virus dapat mengambil alih sumber daya computer karena begitu banyak file dan program yang terinfeksi dan tidak dapat digunakan kembali. Worms adalah file atau program yang berdiri sendiri. Worms pada umumnya di anggap sebagai virus namun perbedaannya adalah worms tidak harus menempelkan dirinya pada suatau program atau file untuk menggandakan diri atau merusaknya, worm dapat menghapus file, mengubah file, mengirimkan email dan menimbulkan masalah melalui berbagai macam cara. Bagi kebanyakan pengguna istilah virus meliputi virus-virus juga sekaligus worms. Peranti lunak anti virus akan melawan virus atau worm.
Akses pengguna atas layanan computer akan ditolak jika kelawahan oleh email. Itulah sebabnya mengapa jenis serangan seperti ini disebut serangan penolakan layanan (denial-of service attack). Serangan yang jangkauannya lebih luas berfokus pada banyak computer dalam satu jaringan yang sama untuk menolak layanan bagi jaringan itu sendiri.
Spyware
Spyware adalah sebuah program computer kecil yang mengawasi apa yang sedang anda kerjakan dengan sumber daya computer anda. Beberapa spyware melaporkan aktifitas computer anda, seperti situ-situs web mana yang anda kunjungi atau splikasi computer apa yang anda pergunakan, ke entitas lain.
  1. PERANTI LUNAK
Terdapat dua jenis dasar peranti lunak, peranti lunak sistem dan aplikasi. Peranti lunak sistem dibutuhkan untuk menggunakan komputer, sedangkan peranti lunak aplikasi memproses data pengguna. Peranti lunak aplikasi dapat diperoleh dalam bentuk siap pakai atau dibuiast sesuai pesanan untuk pengguna tertentu.
Peranti Lunak Sistem
Peranti lunak sistem ( system software ) atau yang disebut juga peranti lunak system operasi, menjalankan tugas-tugas mendasar yang dibutuhkan oleh seluruh pengguna dari satu komputer tertentu. Tugas-tugas ini berhubungan dengan peranti keras dan bukan dengan aplikasi yang dikerjakan oleh perusahaan/pengguna. Adalah hal yang mustahil menggunakan sebuah computer modern tanpa menggunakan bebrapa peranti lunak sistemnya.
System operasi mengelola proses-proses komputer, dan berfungsi sebagai suatu antar muka yang menghubungkan santar pengguna, peranti lunak aplikasi, dan peranti keras.
Peranti Lunak Aplikasi
Ketika komputer pertama dikembangkan, bahasa pemrograman masih belum ada. Programmer akan memasukkan serangkaian angka nol dan satu ke dalam memori komputer untuk mengendalikan operasinya. Kini, kita menggunakan aplikasi peranti lunak siap pakai dan, kadang-kadang , peranti lunak  aplikasi yang dibuat sesuai pesanan. Dengan meningkatnya pengetahuan para pengguna komputer maka meningkat pula jumlah aplikasi yang ditulis sendiri oleh pengguna akhir.
Peranti lunak aplikasi siap pakai
Beberapa tugas pengolahan informasi sangat terstandarisasi dan memberikan fungsi yang sama dari satu bisnis ke bisnis yang lain. Peranti lunak dapat telah diprogram sebelumnya untuk situasi-situasi seperti ini.
Peranti lunak aplikasi siap pakai diproduksi oleh pemasok dan dijual kepada pengguna. Pengguna dapat menggunakan peranti lunak yang telah dikembangkan  oleh proramer-programer yang berpengalaman tanpa harus memperkerjakan programer sendiri atau belajar bagaimana cara membuat program. Peranti lunak siap pakai memiliki dua keuntungan penting :
·      Peranti lunak siap pakai telah langsung tersedia. Bisnis tidak harus menunggu programer mengembangkannya selama tiga minggu atau enam bulan.
·      Peranti lunak siap pakai lebih murah daripada peranti lunak khusus.

Peranti lunak aplikasi khusus

Terkadang sebuah organisasi memiliki operasi yang unik. Dalam kasus-kasus seperti ini, bisnis mungkin memiliki programer konsultannya sendiri yang menulis peranti lunak untuk memenuhi kebutuhannya. Peranti lunak seperti ini disebut peranti lunak aplikasi khusus.

Peranti lunak yang ditulis oleh pengguna

Pengguna akhir membuat peranti lunak aplikasi dalam jumlah signifikan yang dapat mereka pergunakan dalam tugas-tugas pekerjaannya. Faktor-faktor yang membuat pengguna akhir membuat aplikasi mereka sendiri adalah kecepatan kapan aplikasi tersebut dibuutuhkan , tingkat kerumitan aplikasi, dan kemudahan penggunaan paket peranti lunak.

Peranan Peranti Lunak yang Mudah Digunakan Pengguna

Peranti lunak komputer yang sederhana dan penggunaannya intuitif sering kali dikatakan mudah digunakan pengguna ( user friendly) . sebenarnya , user-friendly berarti bahwa aplikasi tersebut telah dibuat dengan seksama sehingga berbagai bakat dan keahlian yang dimiliki oleh rentang pengguna yang luas dapat diakomodasi. Membuat peranti lunak yang “user friendly” jauh lebih sulit daripada membuat peranti lunak yang “programer friendly”.

Karakteristik aplikasi yang mudah digunakan
·      Dialog yang dipandu untuk mengarahkan pengguna sehubungan dengan data apa yang dibutuhkan, format data yang diminta, dan masalah-masalah lain yang serupa.
·      Menu, daftar perintah dengan langkah-langkah yang ditampilkan ke bawah, dan icon : banyak cara untuk menyelesaikan tugas yang sama memberikan panduan kepada pengguna yang masih awam sekaligus pada waktu yang bersamaan memungkinkan lebih banyak pengguna yang mahir mengambil jalan singkat  untuk menyelesaikan tugas.
·      Pola dan formulir-formulir isian
·      Bantuan yang sensitif pada konteks.
  1. KOMUNIKASI
Kecepatan tranmisi data antarkomputer yang berlangsung melalui system telepon public sering kali lebih lambat daripada ketika computer tersambung melalui jaringannya sendiri. Kabel yang menghubungkan kedua koneksi sama, namun kebanyakan jaringan komputer beroperasi ratusan kali lebih cepat daripada koneksi yang melewati system telepon public. Alasannya adalah karena protocol untuk untuk komunikasi system telepon public dirancang untuk komunikasi suara dan kualitas serta kecepatan saluran komunikasi ini tidak harus tinggi. Protokol adalah spesifiksi dalam pemformatan data yang akan ditransfer di antara peralatan komunikasi.
Koneksi Publik
Seseorang yang menggunakan system telepon tetap dapat memahami komunikasi bahkan ketika saluran tersebut memiliki suara statis atau suara berdengung ; sedangkan komputer membutuhkan koneksi yang sangat dapat diandalkan.
Modem telepon menghubungkan sekitar setengah komputer rumah ke internet pada kecepatan 56 Kbps ( 56.000 bit perdetik ). Protokol-protokol jaringan layanan digital terintegrasi dan saluran berlangganan digital menjadi standar untuk mengirimkan  data pada kecepatan 1,5 hingga 32 Mbps ( 32 juta bit per detik ) melalui saluran telepon standar.
Modem kabel sebenarnya tersambung ke internet melalui kabel coaxial yang umumnya digunakan untuk menerima siaran televise kabel. Modem kabel biasanya mencapai kecepatan 2 Mbps. Akan tetapi, kecepatan yang sebenarnya terkadang hanya mampu mencapai 512 Kbps saja.
Jaringan Pribadi Maya (Virtual Private Networks)
Saluran pribadi juga lebih cepat daripada transmisi Internet yang aman, Kecepatan yang lebih tinggi ini disebabkan oleh adanya fakta bahwa kebenaran pesan yang dikirimkan menggunakan Internet akan diperiksa pada beberapa titik ketika peralatan telepon melewatkan pesan melalui beberapa link yang terdapat pada jaringan. Bagaimana jika Anda dapat menikmati keamanan dan kecepatan saluran pribadi namun tetap dapat mempergunakan jaringan Internet yang berbiaya rendah.

  
Protokol untuk Komunikasi Komputer
Komputer pada awalnya tidak dirancang untuk berbagi data dengan komputer lain, dan hanya dengan terminal-terminal. Terminal adalah suatu alat yang tidak memiliki ruang penyimpanan atau prosesor; terminal hanya menyediakan alat memasukkan dan menampilkan data bagi komputer.
IBM menyadari keterbatasan komunikasi ini sebagai suatu masalah, khususnya karena perusahaan tersebut ingin menjual beberapa komputer kepada satu perusahaan. Sebagai tanggapan atas keterbatasan komunikasi ini, IBM dan perusahaan-perusahaan.lain mulai mengembangkan protokol komunikasi.
·         System Network Architecture, IBM menciptakan System Network Architecture (SNA) sebagai satu protokol miliknya pada tahun 1974.  Protokol ini dirancang untuk komputer- komputer besar, bukan komputer mikro. SNA membutuhkan satu komputer induk utama yang mengumpulkan komputer-komputer lain yang terhubung oleh suatu jaringan dalam suatu urut-urutan, hampir sama dengan menunggu giliran.
·         Token Ring, IBM menyadari bahwa tidak semua pelanggannya mampu atau ingin mengeluarkan biaya tambahan untuk mengendalikan peranti keras. Kemudian perusahaan mulai mengembangkan suatu protokol miliknya yang tidak mengandalkan diri pada satu komputer induk untuk mengendalikan komunikasi ke komputer-komputer lain, melainkan yang akan memperlakukan komputer lain sebagai sesama (peer).
·         Ethernet Xerox mengembangkan satu arsitektur komunikasi peer to peer yang berbeda pada awal tahun 1970-an, dan dengan bekerja sama beserta Intel dan Digital Equipment Corporation, mengeluarkan Ethernet.
Paket
Untuk pemindahan data besar, pesan-pesan yang dikirimkan perlu dipecah menjadi bagian-bagian kecil sehingga pesan dari satu komputer tidak mendominasi media kornunikasi. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan paket-paket data. Paket data adalah satu bagian dari data total yang akan dikomunikasikan, digabungkan dengarn alamat komputer yang dituju, komputer pengirim, dan informasi kendali lainnya.
Salah satu protokol penggantian paket (packet switching protocol) yang lebih penting adalah TCP/IP, yang merupakan singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol (Protokol Pengendali Transmisi Protokol Internet). Transmission Control Protocol menjalankan komunikasi melalui jaringan di antara dua komputer, Internet Protocol menangani paket-paket sehingga mereka dapat dijalankan di antara kornputer-komputer pada jaringan komunikasi.

Alamat Jaringan Internet
Untuk menjalankan paket-paket rnelalui jaringan, setiap komputer yang menangani paket data harus memiliki satu alamat yang unik. Ketika menjalankan paket-paket di Internet maka akan dipergunakan alamat IP. Alamat IP adalah empat bagian kumpulan angka (yang.rnasing-masing antara 0 hingga 255), yang dipisahkan oleh titik. Bagian-bagian alamat tersebut akan menunjukkan jaringan, host, sub jarigan, dan komputer yang sedang dituju. Sebagai contoh, alamat-lP untuk University of North Carolina di Wilmington adalah 152.20.9.40.
Kebanyakan pengguna di dalam sebuah perusahaan terhubung ke jaringan melalui alamat yang diberikan secara permanen. Pengguna di rumah biasanya mengakses jaringan dengan menggunakan penyedia layanan Internet atau Internet service provider (ISP). Pengguna terhubung ke ISP dengan menggunakan sistem telepon publik atau melalui modem kabel atau DSL.

E.     JENIS – JENIS JARINGAN
Jaringan Area Lokal (Local Area Networks)
Jaringan Area Lokal atau Local Area Network (LAN) adaIah sekelompok komputer dan alat-alat lainnya (seperti printer) yang terkoneksi oleh satu media yang sama. Media ini biasanya berupa kabel tembaga, namun dapat berupa nirkabel, serat optik, atau media- media lainnya. LAN biasanya menggabungkan komputer-komputer yang secara fisik berdekatan, seperti berada di ruangan atau gedung yang sama. Hanya komputer dan alat- alat lain dalam jumlah yang terbatas yang dapat terhubung ke satu LAN.
Jaringan Area Metropolitan dan Jaringan Area Luas
Jaringan area metropolitan atau metropolitan area network (MAN) adalah satu jaringan yang memiliki batas jarak fisik sebesar kurang lebih 30 mil. Jarak yang dijangkau ini mernbedakan MAN dari LAN. Secara konsep, MAN mungkin merupakan jaringan yang menghubungkan seluruh suite di dalam satu gedung (seluruh departernen). Menghubungkan beberapa gedung dari satu organisasi bersama, seperti bangunan-bangunan dalam kampus sebuah universitas, adalah aplikasi umum dari MAN. Seperti LAN, MAN tidak menggunakan sistem telepon publik untuk mernindahkan data. MAN memindahkan data pada kecepatan yang sama dengan LAN.
Jaringan area luas atau wide area network (WAN) digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer dan alat-alat lainnya ketika jaraknya melebihi batasan LAN dan MAN. WAN menggunakan satu carrier umum, sistem telepon public. Dengan koneksi Internet yang semakin meluas, minat akan WAN pun menurun. Untuk tujuan kepraktisan, WAN telah digantikan oleh Internet.

Internet
Internet telah memberikan dampak yang jauh lebih besar pada komunikasi berbasis komputer daripada perkembangan yang lain, dan ia juga telah memunculkan aplikasi- aplikasi khusus lainnya seperti intranet dan ekstranet. Sederhananya, internet hanyalah sekumpulan jaringan yang dapat disatukan bersama. Jika Anda memiliki satu LAN di satu suite kantor dan satu LAN lagi di suite kantor yang lain, Anda dapat menggabungkan keduanya, sehingga menciptakan suatu internet.            
Internet bersifat umum. Setiap orang dengan sebuah komputer dan akses ke media kornunikasi akan dapat menjelajahi Internet. Keterbukaan ini memiliki keunggulan dan kerugiannya sendiri. Jika organisasi Anda mencari pelanggan-pelanggan baru, maka Anda ingin untuk memiliki kemungkinan penyimak terluas bagi produk-produk Anda. Akan tetapi, seseorang menggunakan Internet untuk mengambil data dari sumber daya komputer Anda dapat mengambil data yang Anda ingin jaga tetap pribadi.
Intranet
Intranet menggunakan protokol  jaringan yang sama dengan Internet, namun membatasi akses ke sumber daya komputer hanya pada sekelompok orang terpilih di dalam organisasi. Dengan kata lain, intranet hanya dapat digunakan pada anggota dari kelompok organisasi tersebut.

Ekstranet
Hanya para pelanggan dan sekutu bisnis yang dipercaya saja yang mampu mendapat akses ekstranet, karena akses ini mengizinkan kemungkinan penggunaan sistem informasi dan surnber daya komputer yang tidak secara langsung berhubungan dengan komunikasi. Firewall juga dipergunakan oleh ekstranet. untuk mencegah diaksesnya sumber daya kornputer oleh pengguna yang tidak terotorisasi.

F.     KONVERGENSI KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI
Voice over Internet Protocol (VoIP) adalah perlewatan komunikasi suara melalui Internet laksana komunikasi digital. Setiap sinyal suara dapat digitalisasi dan dikirimkan melalui Internet dan dimainkan kembali pada pengeras suara ditempat tujuannya. Skype (WWW.SKYPE.COM) telah menyediakan peranti lunak gratis untuk komunikasi seperti ini sejak tahun 2003.







BAB III
KESIMPULAN
Komputer-komputer besar yang menjalankan kebanyakan operasi komputer untuk sistem informasi tersentralisasi disebut komputer mainframe, atau cukup mainframe saja. Mainframe mendukung ratusan bahkan ribuan ppengguna dan operasi secara sekaligus. Komputer mikro muncul ketika komputer digunakan oleh satu orang dan disebut komputer (personal computer) atau PC. Komputer terdiri beberapa perangkat antara lain sebagai berikut : prosesor, memori, ruang penyimpanan.
Alat-alat komputasi pribadi, Beberapa fitur yang membuat menarik khususnya bagi komputasi pribadi usia beterai yang panjang sebelum di isi ulang, akses jaringan nirkabel, kemampuan untuk melakukan, sinkronisasi file data dengan sumber daya komputer yang lain, dan layar tampilan yang kecil namun fungsional.
Terdapat dua jenis dasar peranti lunak, peranti lunak system dan aplikasi. Peranti lunak system dibutuhkan untuk menggunakan computer, sedangkan peranti lunak aplikasi memproses data pengguna. Peranti lunak aplikasi dapat diperoleh dalam bentuk siap pakai atau dibuiast sesuai pesanan untuk pengguna tertentu.
Kecepatan tranmisi data antarkomputer yang berlangsung melalui system telepon public sering kali lebih lambat daripada ketika computer tersambung melalui jaringannya sendiri. Kabel yang menghubungkan kedua koneksi sama, namun kebanyakan jaringan komputer beroperasi ratusan kali lebih cepat daripada koneksi yang melewati system telepon publik.


DAFTAR PUSTAKA
Mcleod, Raymod.schell,George.2007.Management Information System.salemba empat:Jakarta.
http//: Ricardo.co.id/presentation/software and hardware computer.ppt.(akses, sabtu,19/3/2012)

 

1 komentar:

  1. Gambling in Las Vegas: A Guide to Casino Games and Other
    The most 정읍 출장샵 popular casino games 제천 출장마사지 are blackjack, roulette, craps, and craps. You 춘천 출장마사지 can play at 당진 출장샵 most 나주 출장안마 Las Vegas casinos, with casinos offering a wide selection of

    BalasHapus